PDIP Laporkan Data Ganda Eksternal, Bawaslu Surabaya Selenggarakan Pleno

PDIP Laporkan Data Ganda Eksternal, Bawaslu Surabaya Selenggarakan Pleno Perwakilan dari pengurus DPC PDIP Surabaya saat berada di Bawaslu.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Surabaya didatangi pengurus dari DPC setempat untuk melaporkan nama anggota yang terindikasi terdaftar di partai lainnya. Ketua Surabaya, Muhammad Agil Akbar, memastikan hal tersebut.

"Iya, mereka melaporkan adanya data anggota terindikasi di daftar ganda eksternal," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (30/8/2022).

Ia menuturkan, DPC Surabaya menyampaikan laporan tertulis kepada pihaknya terkait 245 orang anggota yang aktif dan terdaftar di partai lain.

"Menindaklanjuti ini, Surabaya akan melakukan pleno sebagai informasi awal dugaan pelanggaran sesuai dengan ketentuan perbawaslu 7 tahun 2018," tuturnya.

Surabaya, kata Agil, telah melakukan pengawasan melalui aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU dan menemukan ribuan potensi data ganda sebagai anggota internal maupun eksternal partai.

"Pengawasan ini untuk mengetahui kevalidan data anggota partai politik saat tahapan verifikasi pendaftaran peserta ," ucapnya.

Alhasil, lanjut Agil, ada 24 partai yang keanggotaannya diverifikasi administrasi oleh KPU Surabaya dengan total jumlah anggota 50.263, dan dari sana ditemukan 15.915 data berpotensi tidak memenuhi syarat (TMS).

"Potensi data TMS sebanyak 15.924 parpol tidak sesuai dengan Ketentuan Surat Keputusan (SK) KPU nomor 260 tahun 2022 dan ketentuan di Peraturan KPU 4 tahun 2022," pungkasnya. (nng/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO