Peringati HUT RI ke-77, Pemkab Mojokerto Gelar Gebyar Posbindu PTM dan Vaksinasi Covid-19

Peringati HUT RI ke-77, Pemkab Mojokerto Gelar Gebyar Posbindu PTM dan Vaksinasi Covid-19 Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, saat meninjau Gebyar Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Vaksinasi Covid-19.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pemkab menggelar Gebyar Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Vaksinasi Covid-19 (Booster). Agenda dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 itu dilaksanakan di Puskesmas Punggul, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten , Senin (15/8/2022).

Pelayanan Gebyar Posbindu kali ini menyasar 1.000 kelompok masyarakat sehat, berisiko, dan penyandang PTM berusia 15 tahun ke atas. Sedangkan Vaksinasi Covid-19 jenis booster ditargetkan 1.500 orang.

"Posbindu PTM menjadi salah satu bentuk upaya Kesehatan masyarakat atau UKM, yang selanjutnya berkembang menjadi upaya Kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM), dalam pengendalian faktor risiko PTM di bawah pembinaan Puskesmas," kata Bupati Ikfina.

Menurut dia, kegiatan di Posbindu ini dilaksanakan untuk mengecek ukuran tinggi badan, berat badan dan lingkar perut, pengukuran tekanan darah, anamnesa perilaku berisiko, hingga pemeriksaan gula darah, asam urat, dan kolesterol. 

"Untuk perempuan rentang usia 30-50 tahun yang sudah menikah, atau mempunyai riwayat berhubungan seksual berisiko, maka dilakukan pemeriksaan SADANIS dan cek IVA," tuturnya menambahkan.

Bupati memaparkan, capaian vaksinasi dosis 3 dengan target masyarakat umum hingga saat ini masih mencapai 26.83 persen. Ia menyebut, angka tersebut masih jauh dari terwujudnya kekebalan komunal (herd immunity).

"Maka, kita terus melakukan percepatan vaksinasi biar masyarakat kebal, dan untuk mencapai herd immunity kita harus sudah melaksanakan vaksin dengan capaian 70 persen," ucapnya.

Ia mengaku akan terus berkomitmen untuk mewujudkan Kabupaten menjadi kabupaten sehat. Ikfina berharap, seluruh stakeholder di Kabupaten saling bersinergi dan berkolaborasi dalam mensukseskan Imunisasi Covid-19 sampai dosis 3 minimal 70 persen agar herd immunity segera tercipta. 

Selain di Puskesmas Punggul, pelaksanaan Gebyar Posbindu dan Vaksinasi ini juga dilaksanakan di 27 Puskesmas di lingkup wilayah kerja Dinas Kesehatan, Kabupaten . Kegiatan ini juga dikembangkan sebagai bentuk kewaspadaan dini terhadap PTM mengingat hampir semua faktor risiko PTM tidak memberikan gejala pada yang mengalaminya. (yep/mar) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO