Warga Desa Sukorejo Kediri Gelar Kirab Tumpeng ke Situs Calonarang

Warga Desa Sukorejo Kediri Gelar Kirab Tumpeng ke Situs Calonarang Gunungan yang berisi hasil bumi dan nasi saat diarak warga menuju ke Situs Calonarang. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com -  di , , , , diyakini sebagai tempat yang pernah disinggahi oleh janda sakti bernama Calonarang.

Janda Calonarang tinggal bersama putri tunggalnya yang bernama Ratna Manggali. Tentunya para murid Calonarang juga tinggal di kampung itu.

Warga ada yang menyakini kalau Calonarang itu adalah leluhurnya. Karena itu, mereka menggelar ritual berupa Kirab Tumpeng di , Senin (8/8/2022).

Kepala Supandi mengatakan, ritual di itu adalah sebagai wujud syukur kepada Tuhan YME atas semua panen dan hasil bumi yang telah dinikmati sebagian warganya.

Supandi mengatakan, itu diawali dari balai desa setempat menuju ke yang diyakini sebagai cikal bakal atau leluhur .

"Dalam ritual kirab ini, selain berupa lima hasil bumi dan nasi lengkap dengan lauk pauknya, juga dikirab berbagai pusaka berupa keris dan tombak," kata Supandi.

Menurutnya, ritual itu selain untuk melestarikan budaya leluhur, juga sebagai wujud syukur kepada tuhan atas semua nikmat dan berkah yang diberikan.

"Ritual ini merupakan agenda rutin di di bulan , atau tepatnya setiap tanggal 10 di bulan ," pungkasnya.

Tak ayal, yang berisi beragam hasil bumi menjadi rebutan warga yang sudah menunggu lama, sebelum itu sampai di . Warga berkeyakinan akan mendapatkan berkah jika mendapatkan nasi atau hasil bumi yang ada di itu.

Ika, salah satu warga Sukorejo yang ikut berebut hasil bumi dan nasi tumpeng mengatakan bahwa ia dan warga desa lainnya rela berebut hasil bumi dan nasi karena menyakini akan mendapatkan berkah, keselamatan, dan kesehatan. (uji/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO