Cak Imin Usulkan 20 Persen APBN untuk Kembangkan Potensi Generasi Milenial

Cak Imin Usulkan 20 Persen APBN untuk Kembangkan Potensi Generasi Milenial Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) bersama perajin Intako Tanggulangin, Sidoarjo, akhir Januari 2022 lalu. Foto: Ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul menyatakan, Indonesia memerlukan pendekatan baru dalam menyambut gelombang besar generasi Z dan .

“Butuh pendekatan baru untuk optimalkan potensi yang dimiliki generasi muda kita. Di level kebijakan, kita butuh affirmative action untuk memastikan potensi besar kaum muda kita terfasilitasi,” kata dalam keterangan tertulis, Rabu (20/7/2022).

Diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis hasil survei yang menyebut jumlah penduduk Indonesia hingga 2020 didominasi generasi Z dan . adalah penduduk yang lahir pada kurun tahun 1997-2012, dan yang lahir periode 1981-1996.

Survei yang dilakukan sepanjang Februari-September 2020 itu didapati jumlah generasi Z mencapai 75,49 juta jiwa atau setara dengan 27,94 persen dari total populasi berjumlah 270,2 juta jiwa. Sementara, mencapai 69,90 juta jiwa atau 25,87 persen.

Tingginya prosentasi dan Z tersebut mengandung potensi sekaligus tantangan bagi masa depan Indonesia.

Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra ini menjelaskan, tindakan afirmatif bisa diwujudkan dalam kebijakan pemerintah yang pro terhadap kaum muda. Salah satunya dengan mendirikan kementerian yang khusus menggawangi ragam potensi dan minat mereka.

Lihat juga video 'Sejumlah Pemuda di Pasuruan Dukung Muhaimin Maju Calon Presiden 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO