Tingkatkan Perekonomian Warga Pesisir, PHE WMO Berikan Pelatihan Inovasi Garam di Bangkalan

Tingkatkan Perekonomian Warga Pesisir, PHE WMO Berikan Pelatihan Inovasi Garam di Bangkalan Suasana pelatihan inovasi garam yang digelar Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore di Desa Banyusangka, Kecamatan Tanjungbumi, Kabupaten Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) mengembangkan inovasi produk fortifikasi garam di Desa Banyusangka, Kecamatan Tanjungbumi, Kabupaten Bangkalan. Ini dilakukan untuk meningkatkan nilai ekonomi masyarakat di sana dan merupakan program pengembangan rumah garam yang telah dilaksanakan sejak 2018.

Kepala Desa Banyusangka, Abd Syukur, mengatakan bahwa pihaknya menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Trunojoyo Madura untuk menerapkan teknologi tepat guna dan melakukan pelatihan produk fortifikasi garam pangan dan non-pangan.

“Pelatihan produk fortifikasi garam ini menyasar kelompok PKK dan pengrajin ikan asin. Ada sekitar 30 orang telah mampu meningkatkan wawasan dalam pembuatan produk olahan garam,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Selasa (5/7/2022).

“Semoga dengan adanya pelatihan ini, masyarakat bisa mengembangkan olahan produk garam yang tidak hanya untuk konsumsi sendiri tetapi juga bernilai jual,” tuturnya menambahkan.

Pelatihan tersebut menghasilkan 9 produk olahan, di antaranya 3 produk olahan non-pangan dan 6 lainnya produk olahan pangan. Adapun produk olahan yakni, eco detergen (cair), sabun cuci tangan ramah lingkungan dan garam relaksasi untuk olahan non pangan, 

Sedangkan untuk olahan produk pangan yaitu pembuatan dendeng ikan non-komersil beserta bumbu dendeng ikan yang dikemas, sea salt caramel, sea salt nougat candy, bumbu tabur, garam bumbu (garam cabe dan garam vanilla). (ida/uzi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO