Lepas Atlet ke Fornas VI, Gubernur Khofifah: Jatim Datang untuk Menang

Lepas Atlet ke Fornas VI, Gubernur Khofifah: Jatim Datang untuk Menang Gubernur Khofifah saat menyapa para atlet. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jatim, Indar Parawansa, melepas komite olahraga rekreasi masyarakat Indonesia (Kormi) dari wilayahnya untuk mengikuti ajang Fornas VI yang akan diadakan di Sumatera Selatan pada 1-7 Juli 2022.

"Ini adalah media untuk memperkenalkan, jenis-jenis olahraga yang berbasis budaya dan pemasyarakatan," ujarnya saat memberi sambutan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa, (28/6/2022).

Menurut dia, banyak cabor yang tidak mudah dikenali di daerah lain namun saling memperkaya betapa budaya dan kearifan lokal Jawa Timur yang luar biasa serta dipertemukan dalam ajang tersebut. Hal ini dianggap menjadi bagian penting, sehingga mengenali Indonesia yang sejatinya.

"Dari seluruh cabor, tidak semua daerah bisa mengikuti, karena memang ada spesifikasi cabor dan darah tertentu yang memang diekstrak dari berbagai kearifan-kearifan budaya lokal itulah Indonesia, itulah keberagaman," tuturnya.

Ia menyebut, seluruh kontingen dititipkan kepada komandan kontingen serta ketua kontingen yang mana berangkat dari Bumi Mojopahit dan mengenalkan Nusantara. mengungkapkan, Nusa artinya pulau dan antara artinya di luar, Patih Gajahmada ingin mempersatukan pulau-pulau terluar.

"Pesan utama Fornas adalah bagian dari cara kita menemukenali keberagaman, kearifan lokal, dan semua kekayaan budaya, termasuk jenis-jenis olahraga berbasis kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang di masing-masing daerah," paparnya.

"Kita berharap, Jawa Timur datang untuk menang. Mudah-mudahan Allah ijabah. Jawa Timur datang untuk menang, Amiiin," pesan  kepada koordinator kontingen yang mengikuti ajang Fornas VI di Sumatera Selatan.

Sementara itu, Ketua Umum Kormi Jatim, Hudiono, mengatakan bahwa semua ini hasil kerja sama yang baik antara, pemerintah, masyarakat, juga forkopimda. Dengan demikian, atlet Kormi Jatim meningkat dan diharapkan lebih baik ke depannya.

Ketua Kontingen Fornas Jatim, Andun Sudijandoko, menyatakan kontingen kali ini mengalami peningkatan 500 persen, dari 150 Fornas kelima di Kalimantan tahun ini meningkat 706, hal ini berkat pembinaan dari Kormi. Jawa Timur berharap untuk menjadi juara umum di Fornas VI. (dev/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO