Situs Ndalem Pojok Gelar Peringatan Hari Lahir Pancasila dan Harlah Bung Karno

Situs Ndalem Pojok Gelar Peringatan Hari Lahir Pancasila dan Harlah Bung Karno Pelukis asal Blitar, Sonny Yuliono, dan lukisan Bunga Karno yang selesai dalam satu malam. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Persada Sukarno, Kabupaten Kediri, bakal menggelar acara peringatan Hari Lahir dan Hari Lahir .

Kushartono, Ketua , mengatakan acara itu digelar bulan Juni karena mengandung tanggal-tanggal penting yang berkaitan dengan hidup Sang Proklamator.

"Bulan Juni menjadi Bulan karena pada bulan Juni ini ada hari-hari yang sangat penting yang berhubungan dengan . Seperti kelahiran pada 1 Juni, 6 Juni 1901 lahir, dan pada 21 Juni 1970 wafat," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Senin (6/6/2022) malam.

Sebelumnya, telah menggelar malam Tasyakuran Harlah dan Harlah di rumah masa kecil salah satu Bapak Bangsa Indonesia atau founding fathers itu.

" ini bukan hanya untuk Indonesia, juga untuk mencapai perdamaian dunia. Sebagaimana amanat UUD 1945. Sejarah juga membuktikan 30 September 1960 dikumandangkan oleh Presiden Soekarno di PBB untuk membangun dunia baru. Ini isyarat memang senjata ajaib untuk pendamai dunia,” kata Kushartono.

Dalam kesempatan tersebut, beragam lembaga dan lintas komunitas bersepakat memohon kepada Presiden RI, Panglima TNI, Kapolri, dan MPR RI untuk bersama-sama seluruh rakyat Indonesia mendoakan Konferensi Tingkat Tinggi G-20 dan Pemilu Serentak 2024 agar berjalan selamat dan sukses.

“Kita semua harus benar-benar mengambil momentum istimewa ini () dengan dasar merah putih, berani dan suci. Ini dunia menunggu Indonesia. Kemudian kita bantu bersama-sama, seluruh rakyat Indonesia, dan semua pejabat pusat hingga daerah harus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai agama dan keyakinan,” urai Pengurus Departemen Pendidikan DPP PCTA Indonesia itu.

Agenda tasyakuran Hari dan Harlah di Kediri berlangsung sakral dan meriah. Beberapa acara digelar seperti seni budaya, pengobatan gratis, santunan anak yatim, diskusi kebangsaan, doa bersama, dan selamatan.

Kegiatan ini juga menghadirkan pertunjukan Teater Sanggal Ogal-Agil dan Teater Merah Putih, pegelaran tari dan karawitan Sanggar Sasono Panji Saputro serta Sanggar Ganapati Kusuma Laras. Ada juga tembang mocopat persembahan sesepuh Blitar, pentas musik Beautiful Band, dan lukis spektakuler Sonny Yuliono Blitar.

Selain itu, ada pengobatan gratis dari Klinik dr. Vitis Grogol, Terapi Jampi Sae, Patembayan Jawadipa Daha, Bio Energi Mbah Karso, Terapi Ki Joko Wiguno. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO