Jamin Kehalalan Produk Pelaku UMKM, ISNU Situbondo Gelar Pelatihan Pendamping Produk Halal

Jamin Kehalalan Produk Pelaku UMKM, ISNU Situbondo Gelar Pelatihan Pendamping Produk Halal Suasana Pelatihan Pendamping Produk Halal yang digelar PC ISNU Situbondo di Aula Lantai II kantor NU Situbondo.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) menggelar Pelatihan Pendamping Produk Halal (PPH). Pelatihan berlangsung selama dua hari, 4-5 Juni 2022 di Aula lantai II PCNU .

"Jadi nanti setelah dilatih kegiatan para pendamping ini harus bisa menjamin kehalalan produk kegiatan pelaku UMKM," kata Ketua ISNU , Fathol Bari, Minggu (5/6/2022).

Ia mengatakan bahwa penyediaan bahan, pengolahan, penyimpanan, pengemasan, pendistribusian, penjualan, dan penyajian produk yang dilakukan oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) adalah wajib dijamin kehalalannya oleh pendamping PPH.

"Fokusnya pada kehahalalan produk, sesuai dengan amanat UU Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan produk Halal," ujarnya.

Lebih lanjut pria asal Jangkar ini menjelaskan, tidak semua lembaga bisa melakukan pelatihan pendamping PPH. Namun, harus lembaga yang sudah mempunyai ijin dari lembaga negara yang berwenang.

"ISNU sudah mempunyai ijin melalui MoU PW ISNU dengan Kementrian Agama melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) yang mempunyai kewenangan untuk mengeluarkan sertifikat halal," paparnya.

Pelatihan pendamping PPH diikuti sebanyak 115 peserta yang tersebar di 17 Kecamatan di se-Kabupaten . Ia menuturkan, peserta yang dinyatakan lolos akan mendapat sertifikat sebagai pendamping untuk mengurus sertifikat halal.

"Narasumbernya dari PW ISNU Jatim. Dari 115 peserta ini yang dinyatakan lolos akan diberi sertifikat sebagai pendamping untuk mengurus sertifikat halal," tuturnya. (mur/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO