Bahas Masa Depan Pendidikan di Pulau Garam, Pimpinan Perguruan Tinggi se-Madura Gelar Raker

Bahas Masa Depan Pendidikan di Pulau Garam, Pimpinan Perguruan Tinggi se-Madura Gelar Raker Suasana saat sejumlah rektor menggelar raker dalam Forum Pimpinan Perguruan Tinggi wilayah Madura.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Sejumlah pimpinan perguruan tinggi di menggelar rapat kerja (raker) untuk membahas masa depan pendidikan di Pulau Garam. Rektor Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Sumenep, Rachmad Hidayat, berharap perguruan tinggi di lebih baik, maju, dan bermanfaat bagi masyarakat.

"UNIBA ke depan akan membuka fakultas dan program studi (prodi) baru, seperti Fakultas Perminyakan dan Prodi Pariwisata," ujarnya dalam Forum Pimpinan Perguruan Tinggi wilayah , Kamis (2/6/2022).

Ketua Forum Pimpinan PTN dan PTS se-, Muh Syarif, menekankan kepada para hadirin untuk berupaya meningkatkan percepatan capaian indikator kinerja utama (IKU). Salah satunya dengan meningkatkan kualitas mahasiswa melalui kegiatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), agar lulusan PTN/PTS mendapatkan pekerjaan layak dan berprestasi minimal nasional.

"Demikian, terkait akreditasi prodi dari lembaga akreditasi mandiri (LAM), karena merupakan kebijakan dan tuntutan kinerja Perguruan Tinggi di era Kampus Merdeka sesuai Permendikbud nomor 5 tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi dan Peraturan Ban-PT nomor 02 tahun 2020," urai Syarif.

"Indikator kinerja bagi dosen yaitu upaya percepatan pencapaian IKU dosen berkegiatan di luar kampus, peningkatan jumlah dosen yang berkegiatan tridarma di luar kampus, praktisi mengajar di luar kampus, prodi berstandar internasional, dan prodi yang bekerja sama dengan mitra," imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Universitas (Unira), Faisal Estu Yulianto, meminta kepada para pendidik agar menjalankan tugas dan kewajibannya mengembangkan ilmu pengetahuan, penelitian ilmiah, dan menyebarluaskannya, seperti produktif menulis serta mempublikasikan jurnal dalam upaya mengembangkan budaya akademik 

Rektor Politeknik Negeri (Poltera), Arman Jaya, memberi peluang serta mengusulkan program Diploma melalui dua jalur cepat, di mana program tersebut bisa ditempuh hanya dengan waktu 4,5 tahun.

"Lewat kerja sama dengan SMK dan industri antara perguruan tinggi Pengusul, dimana program tersebut hanya dapat diusulkan oleh Politeknik dan Akademi yang telah menyelenggarakan program studi Diploma Tiga atau Sarjana Terapan yang serumpun dengan peringkat akreditasi minimal B atau baik sekali," ungkapnya (uzi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Minta Pesawat yang Bisa Mendarat di Matahari':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO