Soal Rekrutmen Tenaga Kerja, DPRD Gresik Segera Panggil Manajemen Freeport

Soal Rekrutmen Tenaga Kerja, DPRD Gresik Segera Panggil Manajemen Freeport Much. Abdul Qodir, Ketua DPRD Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPRD segera memanggil manajemen PT Indonesia (PT FI) yang tengah membangun smelter di kawasan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Kecamatan Manyar.

Dewan ingin meminta penjelasan terkait sejumlah hal. Mulai ketenagakerjaan, pemberdayaan usaha masyarakat lokal, dan lainnya.

"DPRD minggu kedua bulan ini (Juni) mengagendakan memanggil manajemen PT ," kata Ketua DPRD kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (2/6/2022).

Soal rekrutmen tenaga kerja, dewan ingin minta kepastian jumlah warga yang akan dipekerjakan di . Serta, skill apa saja yang dibutuhkan.

"Kami akan tanyakan ke kepastian berapa jumlah tenaga kerja dari total 40 ribu pekerja yang dibutuhkan, mulai konstruksi hingga beroperasi," tutur Ketua DPC PKB ini.

Ia juga akan meminta penjelasan tentang klasifikasi pekerjaan yang dibutuhkan. "Sehingga, pemerintah daerah bisa menyiapkan skill melalui pemerintah daerah," tuturnya.

Untuk menyiapkan tenaga kerja yang dibutuhkan, menurut Qodir, pemerintah siap sharing anggaran melalui dinas tenaga kerja (disnaker) guna mengadakan pelatihan.

"Kami saat bertemu pihak sudah pernah saya sampaikan soal itu. sangat welcome dan terima kasih. Namun, sejauh ini belum ada follow up-nya," ungkapnya.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO