Wujudkan Zero Waste Office, Kabupaten Kediri Bangun Sekolah Sampah

Wujudkan Zero Waste Office, Kabupaten Kediri Bangun Sekolah Sampah Tempat Pengolahan Sampah-Reduce Reuse Recycle (TPS3R) yang sudah ada di belakang komplek Kantor Pemkab Kediri. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bagian Umum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri bersama Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) bakal membangun di komplek kantor pemerintah daerah setempat. 

Ketua Umum FPRB , Ari Purnomo Adi, mengatakan bahwa pembangunan ini tidak membutuhkan banyak persiapan dan biaya karena semua fasilitas serta infrastruktur sudah tersedia dalam kompleks perkantoran .

"Di bagian belakang Kantor sudah terdapat ( Tempat Pengolahan Sampah - Reduce Reuse Recycle). Terdapat juga halaman yang sangat luas untuk pengolahan sampah organik untuk dijadikan arang dan kompos," ujarnya, Sabtu (28/5/2022).

Ia menuturkan, di sana juga terdapat gudang yang akan dialihfungsikan sebagai ruang sekolah. FPRB sengaja mengambil inisiatif dalam proses manajemen sampah dikarenakan ada hal yang menjadi dasar pemikiran.

Hal tersebut, lanjut Ari, adalah fakta bahwa kemampuan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dalam mengelola sampah hanya 500 M³/ hari. Sedangkan penduduk yang berjumlah tidak kurang dari 1,7 juta jiwa menghasilkan sampah dengan volume sekitar 3.500 M³/ hari.

"Jadi ada kesenjangan sekitar 3000M³ sampah. Dalam satu bulan, tidak kurang dari 1.000.000 M³ sampah yang belum dapat ditangani dengan baik.Jumlah yang sangat besar," kata pria gondrong yang sehari-hari berprofesi sebagai dokter itu.

Ia menyebut sampah akan berpotensi menimbulkan bencana, baik itu bencana kesehatan maupun bencana alam berupa banjir akibat timbunan sampah yang menumpuk di dalam got dan masuk ke dalam sungai apabila tidak tertangani dengan baik. Selain itu, sampah berpotensi mencemari udara dan air.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO