Layani Disabilitas Lebih Baik, Kota Mojokerto Terapkan One Gate System

Layani Disabilitas Lebih Baik, Kota Mojokerto Terapkan One Gate System Sosialisasi penerapan One Gate System Kota Mojokerto bagi penyandang disabilitas.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Guna meningkatkan layanan pada disabilitas, Pemerintah Kota (Pemkot) menerapkan One Gate System Kota pada disabilitas.

"Melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kota , kita terapkan strategi . Strategi itu merupakan sebuah inovasi untuk mengintegrasikan pelayanan terhadap kaum disabilitas dalam penyelenggaraan perlindungan bagi kaum disabilitas di Kota ," ujar Wali Kota , , Sabtu (28/05/2022).

Ia menyampaikan, merupakan pengintegrasian pelayanan terhadap disabilitas di Kota melalui sistem pendataan berbasis online yang diinisiasi oleh dinsos P3A.

Sosialisai penerapan itu telah dilakukan sejak 20 April lalu. Melalui , petugas kelurahan, kecamatan, dinsos P3A, pendamping disabilitas, dan Pengurus Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota  dapat melapor atau menginput data disabilitas secara langsung dan real time, melalui website disabilitas.mojokertokota.go.id.

"Selanjutnya akan dilakukan pengelolaan database oleh tim pengelola data yang menyajikan data, baik secara online maupun berupa hard copy. Data tersebut menjadi acuan satu data sebagai dasar penyusunan rencana program dan pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan kaum disabilitas di Kota ," terangnya.

Wali Kota Ika berharap adanya partisipasi dari berbagai pihak, baik dari unsur pemerintah, swasta, dan masyarakat, sehingga upaya pemenuhan hak-hak disabilitas di Kota dapat lebih ditingkatkan. Baik melalui program perlindungan sosial, pemberdayaan, maupun pemenuhan hak-hak lainya.

"Dengan inovasi , perangkat daerah dan pemangku kepentingan lainnya agar mendukung program tersebut, bersinergi dan berkolaborasi untuk pelayanan ," terang orang nomor satu Kota itu. (ris/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO