Peringati Hari Jamu Nasional, Puskesmas Alun-Alun Gresik Kenalkan Aneka Tanaman Herbal di SD YIMI

Peringati Hari Jamu Nasional, Puskesmas Alun-Alun Gresik Kenalkan Aneka Tanaman Herbal di SD YIMI Petugas dari Puskesmas Alun-Alun Gresik saat mengenalkan siswa SD YIMI macam-macam tanaman herbal. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sejumlah pegawai Gresik mendatangi , Jumat (27/5/2022). Kedatangan mereka untuk mengenalkan berbagai aneka tanaman herbal kepada sekolah yang terletak di Kecamatan Gresik itu dalam rangka memperingati .

Bertempat di Aula , petugas puskesmas dengan telaten mengenalkan satu persatu nama tanaman herbal untuk bahan jamu. Mereka juga dijelaskan manfaat meminum jamu tradisional dari tanaman herbal.

BACA JUGA:

Para siswa SD diperkenalkan aneka tanaman herbal atau biasa disebut empon empon. Mulai mengenali bentuk, rasa, warna, serta manfaat dari tanaman herbal.

Beberapa siswa terlihat bingung membedakan aneka tanaman empon-empon, lantaran bentuknya yang hampir mirip satu sama lain. Aneka tanaman herbal yang diperkenalkan di antaranya Jahe, Kencur, Sereh, Temulawak, Lengkuas, dan aneka tanaman herbal lainnya.

Untuk mengetes para siswa yang didominasi pelajar putri dari kelas 5 paham tanaman herbal, petugas puskesmas juga memberikan kuiz dengan hadiah menarik bagi yang bisa menebak nama tanaman empon empon, serta manfaat, dan kegunaannya.

Salah seorang pelajar kelas 5, Naila, mengungkapkan bahwa pada kegiatan ini, siswa diperkenalkan aneka tanaman Toga (tanaman obat keluarga) serta manfaatnya.

"Saya ini lagi minum jamu bareng teman-teman dalam rangka memperingati . Aku diperkenalkan sama manfaat ragam Toga atau tanaman herbal, terus saya diajak tanya jawab dan betul, lalu dikasih hadiah," jelasnya.

Naila, yang juga ini menambahkan, minum jamu itu bermanfaat, sehat, dan hasil racikan jamu Gresik ini rasanya Enak.

"Aku jadi pengen tanam tanaman Toga di rumah agar nantinya bisa bikin jamu sendiri di rumah," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...