Kongres III Pergunu: Dirjen Pendis Kemenag RI Ajak Guru Madrasah Tingkatkan 4K

Kongres III Pergunu: Dirjen Pendis Kemenag RI Ajak Guru Madrasah Tingkatkan 4K Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, Dirjen Pendis Kemenag RI saat menjadi narasumber dalam Sarasehan Pendidikan Nasional Kongres III Pergunu.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Rangkaian acara Kongres III Pergunu (Persatuan Guru Nahdlatul Ulama) diawali dengan Sarasehan Pendidikan Nasional yang mengusung tema 'Guru Mulia, Membangun Peradaban Dunia', Jumat (27/5/2022) pagi.

Bertempat di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur, sarasehan itu mendatangkan narasumber Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam (Pendis) .

Dalam paparannya, Ali Ramdhani mengajak para guru yang tergabung dalam Pergunu untuk meningkatkan 4K. Yaitu kualifikasi, kompetensi, karir, dan kesejahteraan.

Dikatakannya, peningkatan kualifikasi sangat penting bagi guru, khususnya guru madrasah. Mengingat, saat ini masih sangat banyak guru yang belum memenuhi S1.

"Misalnya guru PAI (pendidikan agama islam) mengajar fisika, guru fisika mengajar matematika. Ini kan nggak sesuai kualifikasinya," ujarnya.

Untuk meningkatkan kualifikasi para guru madrasah itu, Kemenag sudah menyiapkan program beasiswa melalui afirmasi di Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Indonesia (UISSI) Cirebon, Jawa Barat.

"Kuliahnya full daring, kita berikan biaya sampai biaya hidup, meski kuliahnya full di rumah masing-masing," terang Ali Ramdhani yang juga Ketua Umum LP Ma'arif PBNU.

Sedangkan untuk meningkatkan kompetensi guru, lanjut dirjen pendis, bisa dilakukan melalui program pendidikan profesi guru (PPG).

Selain PPG, pihaknya juga berencana mengajak Pergunu bekerja sama dengan LP Maarif untuk meningkatkan kompetensi.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':