Anggota DPRD Jatim ini Ajak Doa dan Tahlil untuk Warga Benowo Korban Kecelakaan Tol Sumo

Anggota DPRD Jatim ini Ajak Doa dan Tahlil untuk Warga Benowo Korban Kecelakaan Tol Sumo Anggota DPRD Jatim, Samsul Arifin. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Duka mendalam menyelimuti warga kelurahan Benowo, Kecamatan Pakal, khususnya RT 3/RW 3 yang menjadi korban kecelakaan di Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo). Bus yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan di KM-712.

Hal serupa juga ikut dirasakan anggota DPRD Jawa Timur (Jatim), . Ia mengaku terkejut saat mendapat berita kecelakaan itu, apalagi peristiwa itu merenggut belasan korban jiwa.

"Innalilahi wa inna illaihi rojiun, saya ikut berduka cita. Ini musibah yang tidak kita kira. Dalam kesempatan ini, saya mengajak warga Kota Surabaya mendoakan para korban yang meninggal dunia. InsyaAllah, saya juga akan ikut tahlil," kata politikus PKB itu, Senin (16/5/2022).

Alumnus UINSA Surabaya ini turut mengingatkan pihak berwajib untuk menyelidiki penyebab kecelakaan. Menurut dia, publik terlebih keluarga korban perlu tahu penyebab kejadian nahas tersebut, apakah karena bus yang tidak laik jalan atau karena kelalaian pengemudi.

"Kalau memang penyebabnya kelalaian pengemudi, maka yang bersangkutan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Kalau karena bus yang tak laik jalan, maka PO Bus harus mendapat sanksi," ujarnya.

Pengusaha bus pun diminta untuk membantu keluarga korban kecelakaan, baik yang luka mau pun yang meninggal dunia. Termasuk menanggung kelangsungan hidup keluarga yang ditinggalkan.

Ia menilai, kecelakaan harus menjadi pelajaran berharga bagi semua pihak, baik pengemudi, pengusaha bus, maupun pihak Dishub Jatim. Nantinya, lanjut Samsul, seluruh bus pariwisata ketika keluar pool harus dalam kondisi laik jalan.

"Kepada pengemudi, saya juga mengingatkan agar tidak memaksakan diri ketika sudah dalam kondisi lelah atau mengantuk. Harus segera istirahat, jangan memaksakan diri karena ini menyangkut keselamatan banyak penumpang," pungkasnya. (mdr/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO