Forkom Jurnalis Nahdliyin Beri Penghargaan 6 Tokoh Inspiratif

Forkom Jurnalis Nahdliyin Beri Penghargaan 6 Tokoh Inspiratif

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Forum Komunikasi (Forkom) Jurnalis memberi penghargaan kepada 6 Tokoh Inspiratif 2022. Penghargaan ini diberikan dalam rangka harlah ke-2 yang jatuh pada 13 Mei 2022.

Koordinator , , mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada para tokoh berlatar belakang nahdliyin atas prestasi dan teladan mereka. Para tokoh itu dinilai memberi inspirasi bagi generasi muda dan punya kontribusi pada masyarakat.

"Kami melakukan analisa dan riset sejumlah tokoh berlatar nahdliyin. Akhirnya ada 6 tokoh yang sepakat kami beri predikat sebagai Tokoh Inspiratif tahun ini," kata jurnalis Harian Bangsa dan BANGSAONLINE.com ini, Senin (16/5/2022).

Pria yang akrab disapa Diday itu mengungkapkan, mereka adalah Abdul Halim Iskandar (Menteri Desa PDTT), Zainudin Amali (Menpora RI), Erick Thohir (Menteri BUMN), Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jatim), Anik Maslachah (Wakil Ketua DPRD Jatim), dan Mundjidah Wahab (Bupati Jombang).

Ia memaparkan, mayoritas tokoh tersebut berasal dari Jawa Timur yang merupakan basis nahdliyin. Meskipun berasal dari Jatim, beberapa di antara mereka levelnya sudah tokoh nasional.

"Selain Erick Thohir, mereka berasal dari Jawa Timur atau berproses di Jawa Timur. Ini tak lepas dari fakta Jatim sebagai basis nahdliyin, bahkan tempat lahirnya NU," kata kader Ansor itu.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdus Salam, mengapresiasi keberadaan Forkom Jurnalis atau yang telah berusia dua tahun. Menurut dia, keberadaan tepat untuk mengisi ruang publik dengan narasi-narasi yang positif.

Pakar komunikasi dan media ini berharap, terus menjadi corong untuk menyebarkan nilai-nilai Islam Rahmatan Lil Alamin. Termasuk dengan meng endorse tokoh-tokoh nahdliyin yang karya, pemikiran dan kinerjanya bisa menginspirasi masyarakat.

"Saya pribadi melihat Forkom Jurnalis ini sebagai sebuah asosiasi jurnalis yang sudah eksis dan mewarnai jurnalisme di Jawa Timur, yang resonansinya sudah menasional," kata alumni santri Ponpes Darul Ulum, Langitan, Tuban itu. (mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO