Peringati Hardiknas 2022, Gus Ipul Ajak Pelajar Tingkatkan Prestasi

Peringati Hardiknas 2022, Gus Ipul Ajak Pelajar Tingkatkan Prestasi Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf, atau yang akrab disapa Gus Ipul saat memimpin upacara dalam rangka memperingati Hardiknas 2022.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional () 2022, Jumat (13/5/2022). Agenda tersebut dipimpin Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul). 

Kegiatan ini diikuti peserta gabungan Korpri, PGRI, Mahasiswa Unmer Pasuruan, Akper Pasuruan, STKIP PGRI Pasuruan. Selain itu turut serta dalam upacara perwakilan dari paskibraka, perwakilan siswa dan siswi SLTA dan SLTP di Kota Pasuruan.

Peringatan kali ini mengambil tema 'Pimpin Pemulihan, Bergerak Untuk Merdeka Belajar'. Pelaksanaannya berlangsung khidmat dan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan. 

Menariknya, para peserta upacara seluruhnya mengenakan pakaian adat tradisional Indonesia. Gus Ipul yang mengenakan busana khas Madura dalam amanatnya mengapresiasi program merdeka belajar yang dicanangkan pemerintah menjadi kurikulum. Menurutnya, program itu membuat ratusan ribu siswa-siswi di Indonesia belajar dengan fleksibel.

“Kurikulum merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran dan telah diterapkan lebih dari 140.000 satuan pendidikan dengan cara belajar yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,” ujarnya.

Ia menuturkan, sistem asesmen nasional yang saat ini diterapkan tidak lagi terkesan menjadi sebuah ancaman bagi siswa-siswi, lebih bertujuan untuk memacu inovasi.

“Saat ini sistem dibuat agar guru terus terdorong untuk belajar, supaya termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar Pendidikan,” tuturnya.

Terkait dengan mulai melandainya pandemi Covid-19 di Indonesia, Gus Ipul juga menyinggung tentang kiprah para seniman dan pelaku budaya yang saat ini mulai bangkit dan bergeliat kembali dengan lebih merdeka.

“Itu semua berkat kegigihan kita untuk melahirkan terobosan dana abadi kebudayaan dan kanal budaya pertama di Indonesia. Tidak ada lagi Batasan ruang dan dukungan berekspresi," ungkapnya. 

Menurutnya, Bangsa Indonesia kini telah membuktikan tidak lagi hanya menjadi pengikut, namun beranjak menjadi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia. Gus Ipul pun memotivasi para peserta upacara khususnya dari kalangan siswa dan siswi untuk terus memacu diri berprestasi di lingkungannya masing-masing.

“Manfaatkan aset pemkot. Raihlah prestasi apa pun itu asalkan positif. Tidak harus yang besar, mulai dari prestasi yang kecil-kecil dulu di lingkungan Anda masing-masing,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan seremoni pembagian penghargaan kepada para pemenang lomba kepala sekolah dan guru berprestasi tahun 2022 jenjang SD/SMP negeri dan swasta se-Kota Pasuruan serta lomba membatik tahun 2022 untuk siswa SD/MI, SMP/MTS negeri, dan swasta se-Kota Pasuruan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan. 

Berikut pemenang Kepala Sekolah Berprestasi dan Guru Berprestasi Tahun 2022 jenjang SD/SMP Negeri/Swasta se-Kota Pasuruan:

1. Agus Harianto (Juara I Kepala Sekolah Berprestasi /SMPN 11 Pasuruan)

2. Makhrus Siddiq (Juara II Kepala Sekolah Berprestasi/SMPN 7 Pasuruan)

3. Mochamad Amin (Juara III Kepala Sekolah Berprestasi /SMPN 5 Pasuruan)

4. Ahmad Marzuqi (Juara I Guru Berprestasi/SMPN 10 Pasuruan)

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO