Mulai Terkuak, ini Penyebab Satu Keluarga di Jombang Keracunan Makanan

Mulai Terkuak, ini Penyebab Satu Keluarga di Jombang Keracunan Makanan Rmah duka yang keracunan makanan satu keluarga di Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Penyebab satu keluarga di Dusun Grudo, Desa Madiopuro, Kecamatan Sumobito, Kabupaten mulai terkuak.

Hasil laboratorium dari sejumlah sampel yang diambil dinas kesehatan setempat mengungkapkan, faktor higienisitas serta pengolahan makanan diduga jadi penyebab keracunan keluarga tersebut.

"Hasil lab dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya sudah keluar sejak Senin (18/04/2022), namun kita menerima baru Rabu (20/04/2022) kemarin," ujar Subkoordinator Surveilans dan Imunisasi Dinkes , Puguh Saneko, Kamis (21/04/2022).

Ia menjelaskan, dari seluruh sampel makanan yang dikirim ke laboratorium, seluruhnya menunjukkan hasil positif tercemar . Baik pada sisa tulang ayam goreng maupun sisa telur dadar, mi, serta bumbu papeda.

Pada sampel tulang ayam mengandung Enterococcus faecalis dan Salmonella parathyphi A, mi goreng mengandung Staphylococus intermedius dan Proteus mirabilis.

Pada telur dadar ditemukan Staphylococcus aureus serta Proteus mirabilis dan untuk saus papeda ditemukan Enterococcus faecalis.

"Seluruh itu menyerang pencernaan, namun yang paling dominan pada ayam itu. Ini dugaan kami yang mengakibatkan para korban mengalami diare," jelas Puguh.

Sedangkan, pada sampel air sumur yang diambil juga ditemukan adanya kandungan E coli. Bakteri ini, juga diduga ikut memperparah keracunan keluarga itu.

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO