Bupati Pamekasan Beri Mutiara Hikmah saat Bulan Suci Ramadan 1443 H

Bupati Pamekasan Beri Mutiara Hikmah saat Bulan Suci Ramadan 1443 H Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com , , memberikan mutiara hikmah tentang ramadan yang menjadi bulan suci dan penuh berkah bagi umat muslim. 

Ia merasa bersyukur bisa kembali menikmati indahnya bulan ramadan dalam keadaan sehat, tanpa kendala apapun, dan yang lebih penting lagi mampu menebar manfaat untuk kemaslahatan ummat.

"Sungguh kita ini wajib bersyukur bertemu dengan bulan ramadan, Imam Al Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin membagi puasa dalam tiga kategori," kata  (panggilan akrab ), Senin (11/4/2022).

Ia memaparkan, sejumlah kategori itu meliputi puasa umum, khusus, dan sekali. Menurut dia, puasa umum biasanya dijalankan oleh orang yang hanya mampu menahan lapar, serta mampu menahan minum. Lalu, puasa khusus yang berarti menahan diri tidak hanya dari makan atau minum saja, tetapi menahan diri dari pembicaraan, tangan, serta tubuh dari sesuatu yang dilarang oleh Allah SWT.

"Ketiga, puasa khusus sekali, yaitu puasa yang tidak hanya menahan lapar, dan sesuatu yang dilarang oleh Allah, tetapi menahan dengan tidak mau memikirkan sesuatu selain Allah SWT," ujarnya.

Ia berharap mampu menjalankan puasa ramadan sesuai kategori yang nomor tiga tersebut agar ibadah yang dijalankannya lebih bermakna.

"Mudah-mudahan ramadan tahun ini kita bisa meningkatkan puasa kita menuju puasa yang paling khusus dengan memohon ridha dari Allah SWT," pungkasnya. (dim/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO