Meski Tren Covid-19 Melandai, Warga Binaan Baru Kanwil Kemenkumham Jatim Wajib Patuhi Prokes

Meski Tren Covid-19 Melandai, Warga Binaan Baru Kanwil Kemenkumham Jatim Wajib Patuhi Prokes Petugas Lapas Sidoarjo saat memberi penyuluhan kesehatan kepada warga binaan yang baru dilimpahkan dari Kejaksaan Negeri Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com tetap mewajibkan jajarannya menerapkan protokol kesehatan ketat, walau kondisi Covid-19 tengah melandai. Hal itu diungkapkan Plt Kakanwil Kemenkumham Jatim, .

Ia mengatakan bahwa kondisi lapas/rutan di Jatim relatif terkendali selama Ramadan, meski jumlah penghuni menunjukkan tren kenaikan. “Akhir tahun 2021, jumlah warga binaan sekitar 26.000-an, per hari ini sudah mencapai 28.000-an,” ujarnya, Senin (11/4/2022).

Hal tersebut membuat 39 lapas/rutan di Jatim semakin sesak. Dengan demikian, Wisnu mewajibkan jajarannya untuk tetap berpedoman pada aturan-aturan yang mengatur pengelolaan lapas/rutan selama pandemi Covid-19. 

“Salah satunya terkait kebijakan karantina untuk warga binaan baru, tetap harus 14 hari di sel khusus,” kata Wisnu.

Lapas yang mengalami overkapasitas adalah Lapas Sidoarjo, yang saat ini telah dihuni oleh 1.041 warga binaan. Padahal kapasitas normalnya hanya 370 orang saja. 

“Selain itu, masih ada 96 warga binaan yang kami titipkan ke polres,” kata , .

Lihat juga video 'Sempat Kabur Bawa Mobil Dinas dan Tabrak Pagar Rudenim, WNA Palestina Diamankan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO