Jelang Lebaran 2022, Stok Vaksin Covid-19 di Jatim Aman

Jelang Lebaran 2022, Stok Vaksin Covid-19 di Jatim Aman Gubernur Khofifah saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketersediaan vaksin Covid-19 di (Jatim) dipastikan aman dan cukup bagi masyarakat yang tengah mempersiapkan diri menyambut perayaan lebaran atau mudik dalam beberapa minggu ke depan.

Gubernur Jatim, , mengajak masyarakat untuk proaktif memperoleh suntikan vaksin booster yang dijadikan syarat mudik lebaran dengan mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

"Jumlah vaksin kita banyak, tidak perlu khawatir. Jadi kalau memang belum booster, segera vaksin di pelayanan terdekat, mumpung masih di awal Ramadan. Agar nanti saat waktunya mudik, kita sudah terproteksi," ujarnya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (11/4/2022).

Menurut dia, jumlah stok vaksin di Jatim kini ada sebanyak 1.071.590 dosis yang tersebar di kabupaten/kota. Dengan jumlah tersebut, Khofifah memastikan jutaan vaksin Covid-19 itu mampu mencukupi kebutuhan vaksinasi booster bagi masyarakat yang ingin mudik.

Sebab, vaksinasi menjadi penting dalam menghadapi tradisi mudik yang dilakukan masyarakat di Hari Raya Idul Fitri. Mengingat, dalam prosesnya, setiap orang akan berkumpul dengan sanak saudara, sehingga dibutuhkan perlindungan lebih agar aman dari penyebaran Covid-19.

"Vaksin ini jangan dibilang sebagai satu syarat yang memberatkan. Karena vaksin ini kita lakukan supaya bisa saling melindungi diri kita dan keluarga. Karena kalau orang mudik itu pasti yang disowani terlebih dahulu adalah yang paling sepuh dan paling senior," kata Khofifah.

"Itulah yang menjadikan kita harus memberikan perlindungan kepada orang yang kita sayangi lewat vaksinasi. Karena kalau kita ingin berumur panjang, tentu kita juga ingin orang yang kita hormati dan sayangi juga berumur panjang, sehingga tahun depan bisa ketemu lagi. Maka mari kita saling memproteksi diri kita dan lingkungan kita," tuturnya menambahkan.

Ia mengungkapkan, vaksin telah tersedia dan dapat diakses dengan mudah dari tempat-tempat pelayanan tertentu. Termasuk puskesmas, masjid, serta lingkungan di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim.

Bahkan, setiap hari di Gedung Binaloka Kantor Gubernur Jatim juga sampai saat ini masih dibuka untuk layanan vaksinasi, termasuk booster covid-19.

Maka dari itu, mereka yang ingin melakukan vaksinasi dipersilakan datang langsung ke lokasi. Selain itu, Khofifah menjelaskan, instansi-instansi dan organisasi dapat mengkoordinasikan vaksinasi massal bagi anggota ataupun karyawannya.

"Untuk vaksinasi, bisa langsung mencari Puskesmas terdekat. Di Masjid Al-Akbar tiap malam juga ada. Bahkan di Binaloka dari Senin sampai Jumat selalu ada, jadi kalau belum vaksin bisa langsung ke sana," paparnya.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO