Datangi Gudang, Warga Bringkang Gresik Hentikan Ibadah Umat Katolik

Datangi Gudang, Warga Bringkang Gresik Hentikan Ibadah Umat Katolik Warga Desa Bringkang, Kecamatan Menganti, Gresik, saat demo menghentikan aktivitas ibadah umat Katolik di gudang. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Warga Desa Bringkang, Kecamatan Menganti, Kabupaten mendatangi sebuah gudang yang digunakan tempat ibadah umat Katolik, Minggu (10/4/2022). Mereka melakukan aksi penolakan dengan berunjuk rasa di depan pintu gerbang gudang yang sedang digunakan ratusan umat Katolik untuk beribadah.

Warga menolak pendirian gereja dan kegiatan peribadatan karena pengurus gereja diduga melanggar kesepakatan bersama yang telah dibuat dengan pihak warga di Pendopo Kecamatan Menganti pada Sabtu (9/4/2022) kemarin.

Dalam pertemuan itu, telah dibuat sejumlah kesepakatan sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor: 9 dan 8 tahun 2006. Namun, warga menilai kesepakatan bersama itu tidak dilanggar, sehingga warga dan tokoh masyarakat setempat bereaksi.

Pelaksana tugas (Plt) , , mengatakan bahwa pihaknya bersama forkopimcam dan tokoh masyarakat telah menggelar audiensi dengan pihak-pihak yang bersangkutan, baik dari pengurus gereja maupun dari pihak warga yang menolak.

"Alhamdulillah sudah klir, selesai. Memang Sabtu (9/4/2022) kemarin ada kesepakatan bersama kedua belah pihak terkait SKB dua menteri secara tertulis, dan bertanda tangan pihak masing-masing. Namun, kesepakatan itu dilanggar," ujarnya.

Dalam pertemuan itu, pihak pengurus gereja telah meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi lagi selama proses izin tempat peribadatan belum dipenuhi sesuai aturan yang berlaku.

"Saat pertemuan tadi pengurus gereja sudah minta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi lagi. Pihak warga juga menerima,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) , , menyebut Bakesbangpol telah melakukan upaya mediasi dengan pihak-pihak terkait. Ia memastikan, aktivitas peribadatan umat Kristen Katolik di bangunan gudang di Desa Bringkang tersebut belum memiliki izin.

"Panitia gereja sudah meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi lagi. Tadi sudah terlanjur membuat kegiatan, padahal proses perizinan gudang tersebut sebagai tempat peribadatan belum ada," kata Nanang. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO