Pemkab Mojokerto Serahkan Suket Registrasi Lahan ke Petani Porang

Pemkab Mojokerto Serahkan Suket Registrasi Lahan ke Petani Porang Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, ketika meninjau PT Banshang Technology Jawa Timur.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto melalui dinas pertanian terus melakukan berbagai upaya untuk mendukung petani di wilayahnya. Bupati Mojokerto, Ikfina Fatmawati, menyerahkan surat keterangan (suket) registrasi kebun atau lahan porang kepada petani porang di .

Agenda tersebut merupakan hasil sinergi kerjasama Dinas Pertanian dengan perusahaan manufaktur pengolahan umbi porang yang terletak di Jalan Mojosari-Pacet No.KM 46.8, Area Sawah, Jatilangkung, Kecamatan Pungging,.

"Porang ini menjadi komoditi primadona belum lama dan kemudian dalam waktu yang singkat kemudian menjadi porang ini yang dulunya dianggap tanaman yang tidak bermanfaat tapi sekarang porang menjadi satu komoditi yang nilainya sangat luar biasa," kata Ikfina, Jumat (8/4/2022).

Selain itu, dalam mengembangkan produksi porang, ia berharap ada perusahaan baru yang mengolah tanaman ini menjadi hasil siap jual dan akan berdampak pada adanya lapangan pekerjaan dan penyerapan sumber daya manusia (SDM) di.

"Ke depannya tentunya kita berharap bahwa porang ini tidak hanya disetorkan ke pabrik untuk menjadi komoditi yang diolah kemudian dan diekspor, tetapi kita berharap bahwa akan ada satu perkembangan dari industri porang yang ada di Indonesia yang kemudian nanti tidak hanya melakukan ekspor porang dalam bentuk tepung porang atau chipnya tetapi sudah langsung kita memproduksi porang yang sudah langsung bisa dipakai, sehingga nanti dilakukan ekspor, ekspornya ini sudah dalam bentuk akhir," paparnya.

Sementara itu, Direktur Utama , Tang Anle, mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemkab Mojokerto beserta masyarakat dalam mendukung produksi perusahaannya.

"PT Bhansang di bawah dukungan pemerintah dan dukungan masyarakat setempat semoga di masa datang tambah maju sejahtera terima kasih," kata Direktur Utama . (Yep/mar) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO