Peringati Hari Air Sedunia, Pemkab Lamongan Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan di Waduk Tuwiri

Peringati Hari Air Sedunia, Pemkab Lamongan Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan di Waduk Tuwiri Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, saat menebar benih ikan di Waduk Tuwiri.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan mengadakan penanaman pohon dan penebaran benih ikan secara serentak di lima kecamatan, yakni Tikung, Kembangbahu, Ngimbang, Mantup, dan Babat. Agenda tersebut dilakukan dalam rangka memperingati -sedunia" rel="tag">Hari Air Sedunia bertajuk 'Water Ground, World Water Day 2022'

Kegiatan ini dilaksanakan terpusat di , Desa Tuwiri, Kecamatan Tikung, Rabu (30/3/2022). Di sana, , , menanam pohon serta menaburkan benih ikan bersama Dandim 0812/Lamongan, Letkol Kaf Endi Susanto Yusuf, sebagai upaya pelestarian sumber daya dan bentuk kesadaran serta pencegahan krisis di wilayah selatan Lamongan.

Bupati menegaskan untuk terus mengembangkan kepedulian terhadap dan menjaga kelestarianya hingga sekarang. Sebab, merupakan kunci untuk mengatasi kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, dan kelestarian lingkungan.

“Di luar pandangan kita, di bawah pijakan kaki kita ini ada sumber mata yang merupakan harta terpendam yang memperkaya hidup kita. Untuk itu diperlukan kerja sama dan sinergitas pengelolaan sumber daya yang berharga ini secara berkelanjutan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, pandemi yang terjadi semakin menguatkan pentingnya sebagai sarana mencegah penularan penyakit dan akses bersih otomatis menjadi kunci penting pencegahan penularan Covid-19. Berdasarkan data dari PBB melalui SDG’S, sebanyak 6,4 persen orang dari populasi di dunia atau sekitar 3 milliar orang tidak memiliki fasilitas untuk mencuci tangan dengan dan sabun.

Bertepatan dengan hari sedunia ini, penanaman pohon di sekitar waduk dinilai bupati sangat tepat sasaran. Pasalnya, selain menambah oksigen di sekitar kawasan pedesaan, penanaman pohon juga dilakukan sebagai upaya penampungan sumber mata berkelanjutan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO