PLN Lakukan Pemeliharaan Transmisi Jalur Krusial

PLN Lakukan Pemeliharaan Transmisi Jalur Krusial PLN UIT JBM terus menjaga keandalan sistem ketenagalistrikan tegangan tinggi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam menjaga kontinuitas penyaluran energi listrik, senantiasa berupaya semaksimal mungkin melakukan inspeksi maupun tindakan pemeliharaan pada infratruktur ketenagalistrikan. Maret ini, Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM) berhasil melakukan perbaikan di salah satu penghantar yang menjadi jalur krusial (backbone) wilayah Surabaya dan sekitarnya akibat sambaran petir.

Tim PDKB dari Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Surabaya melaksanakan assesmen serta tindak lanjut dari temuan anomali. Anomali yang ditemukan terdapat pada isolator yang mengalami gangguan akibat sambaran di Tower 257. Isolator merupakan material penyekat antara area yang bertegangan dengan area yang tidak bertegangan, adanya sambaran tentunya menyebabkan kemampuan isolasi pada isolator menurun.

"Kami terus menjaga kualitas dalam mendistribusikan listrik, sehingga material pada infrastruktur terus terjaga agar dapat optimal. Dengan adanya penurunan kualitas pada material yang disebabkan karena faktor alam, kami langsung melakukan penggantian agar dapat kembali maksimal penyaluran listrik" ujar General Manager UIT JBM, Didik F. Dakhlan, Selasa (29/03/2022).

Didik pun melanjutkan, upaya yang dilakukan adalah melaksanakan penggantian isolator dalam kondisi tanpa padam oleh tim PDKB UPT Surabaya, dimana pekerjaan ini berlangsung selama kurang lebih 5 jam.

"Dikerjakan dengan kondisi tanpa padam, daya yang diselamatkan sebesar 375 MW. Material yang diganti adalah isolator sebanyak 12 keping beserta rangkaian aksesorisnya," kata Didik. Dengan penanganan yang cepat dan tepat, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya gangguan akibat petir dan faktor alam lainnya serta kontinuitas penyaluran tetap berjalan sebagaimana mestinya. (diy/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO