Angka Stunting Turun, TP PKK Bersama Dinkes Kediri Kembangkan Aplikasi Monitoring Ibu Hamil

Angka Stunting Turun, TP PKK Bersama Dinkes Kediri Kembangkan Aplikasi Monitoring Ibu Hamil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito saat acara evaluasi kinerja Srikandi Biru. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tim Penggerak PKK bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri mengembangkan aplikasi monitoring kesehatan . Aplikasi ini nantinya akan digunakan untuk memantau perkembangan dan data , khususnya yang memiliki risiko kematian tinggi.

Paparan aplikasi monitoring ini disampaikan Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri dr. Achmad Khotib saat evaluasi kinerja srikandi biru bersama TP PKK di Kantor Pemerintah Kabupaten Kediri, Senin (28/3/2022).

Melalui aplikasi tersebut, dengan risiko tinggi akan segera mendapatkan penanganan dengan harapan dapat menurunkan angka kematian pada ibu.

“Nantinya akan selalu dalam pantauan, sehingga kita dapat melakukan penanganan jika terjadi pemburukan kasus serta pencegahan kematian terhadap ,” ujarnya.

Kata Khotib, angka kematian menjadi krusial karena dijadikan salah satu indikator pembangunan manusia. Karena satu kematian ibu mempunyai dampak besar terhadap pertumbuhan anak sebagai penerus bangsa ini.

Menurutnya, untuk mencegah angka kematian diperlukan sinergitas antara dinas kesehatan, TP PKK, dan srikandi biru. Upaya pendampingan baik di tingkat desa maupun kecamatan harus terus ditingkatkan.

Pasalnya, Maret ini masih terdapat 3 kasus kematian . Satu kasus karena eklamsi atau kejang selama masa kehamilan ataupun sesaat setelah melahirkan. Sementara dua kasus lain masih dalam proses identifikasi penyebabnya.

Sedangkan angka stunting di Kabupaten Kediri mengalami tren membaik yang ditunjukkan dengan penurunan angka stunting dari tahun 2020 di angka 14 menjadi 11,6. Hal ini didasarkan pada bulan timbang. Dengan jumlah sampling yang jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya, yakni hampir 90% bayi yang ada di Kabupaten Kediri ditimbang.

Menanggapi tren positif dalam upaya penurunan stunting ini, Ketua TP PKK Kabupaten Kediri, mengapresiasi kinerja srikandi biru dalam melakukan pendampingan terhadap dan bayi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO