Mojotirto Festival 2022, Pemkot Mojokerto Libatkan 47 Siswa SD

Mojotirto Festival 2022, Pemkot Mojokerto Libatkan 47 Siswa SD Suasana saat peringatan Mojotirto Festival 2022.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menggelar  di bantaran dalam rangka memperingati , Selasa (22/3). Agenda yang berlangsung di sekitar , Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajuritkulon, .

bakal menampilkan sejumlah permainan tradisional anak-anak yang diperankan 47 siswa perwakilan dari seluruh SD di , yakni dakon, bola bekel, sonda, dan lompat tali. Beberapa permainan tersebut memang diketahui semakin jarang dimainkan oleh kalangan anak-anak, seiring dengan kemajuan zaman seperti sekarang ini

Wali , Ika Puspitasari, mengatakan bahwa permainan yang banyak melibatkan aktivitas fisik dan interaksi langsung ini kian tergeser dengan permainan modern dan gawai. “Jadi, ada anak-anak memainkan permainan tradisional itu untuk mengingatkan kembali tentang keberadaan permainan tradisional yang perlu untuk dilestarikan," ujarnya.

Menurut dia, melibatkan anak-anak dalam memperagakan permainan tradisional dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan secara langsung. Dengan demikian, mereka tertarik kembali untuk bermain permainan yang saat ini dikategorikan jadul (jaman dulu).

"Nantinya juga ada para duta wisata yang akan menerima bokor air dari para penari Putri Kusumo kemudian diserahkan kepada Ibu Wali , Ika Puspitasari, untuk ditumpahkan di ," kata Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda , Hatta Amrulloh.

Ia menuturkan, pihaknya sudah melakukan geladi kotor para pengisi acara maupun tim yang bertugas dengan memperoleh pengarahan dari sutradara. "Tadi dengan diarahkan oleh Pak Husein selaku sutradara. Anak-anak mulai berlatih, mulai dari memasuki lokasi acara sampai memperagakan permainan tradisional,” ucap Hatta.

Selain melakukan geladi kotor untuk para pengisi acara, pihak terjakit memastikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan di lapangan telah disiapkan.

"Informasi dari kegiatan Pelaksanaan Mojotirto Festival akan dimulai pukul 07.00 WIB, sehingga seluruh pengisi acara maupun tim yang bertugas sudah berada di Rejoto sejak pagi," pungkasnya. (den/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO