Disperpusip Jatim Gelar Ekspose Hasil Audit Kearsipan Eksternal Daerah 2022

Disperpusip Jatim Gelar Ekspose Hasil Audit Kearsipan Eksternal Daerah 2022 Disperpusip Prov. Jatim menggelar ekspose hasil laporan/audit pengawasan kearsipan eksternal (Lake) Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) kabupaten/kota se-Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Prov. menggelar ekspose hasil laporan/audit pengawasan kearsipan eksternal (Lake) Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) kabupaten/kota se- di Hotel Swiis Bellinn Surabaya, Rabu (16/3/2022) malam.

Acara yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut dihadiri Asisten Administrasi Umum Setdaprov Drs. Sjaichul Ghulam, MM, Kepala Disperpusip Ir. Tiat S. Suwardi, MM, serta Kepala Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) di 38 kabupaten/kota se-.

Dalam laporannya, Kepala Disperpusip Ir. Tiat S. Suwardi, MM menyampaikan, kegiatan pengawasan kearsipan yang menjadi tugas dan fungsi Disperpusip itu diselenggarakan untuk menjamin terselenggaranya kearsipan sesuai perundang-undangan.

Usaha tersebut dilakukan agar dapat memberikan kontribusi peningkatan mutu kearsipan. Termasuk menjamin keselamatan arsip sebagai pertanggungjawaban nasional bagi kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Mengingat, urusan kearsipan merupakan urusan wajib yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah," terangnya.

Untuk itu, sambung Tiat, penyelenggaraannya pun harus dan perlu diawasi. Mengingat, hal pengawasan kearsipan memberi manfaat akan persepsi yang sama antara kearsipan kabupaten/kota dalam memenuhi hasil rekomendasi pengawasan kearsipan.

"Selain itu juga untuk memotivasi perangkat daerah sebagai pencipta arsip untuk menjamin ketersediaan arsip dalam mendukung bukti akuntabilitas kinerja instansi," jelasnya.

Kedepan, Tiat menginginkan agar lembaga kearsipan juga mampu menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Yaitu sebagai lembaga pembina kearsipan, pengelola arsip, lembaga penyelamat arsip, pelestari dan pelayan informasi.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO