Melalui Program EVE, SBI Majukan Kompetensi Sumber Daya Lokal

Melalui Program EVE, SBI Majukan Kompetensi Sumber Daya Lokal Warga lokal yang mengikuti program EVE SBI pabrik Tuban saat foto bersama.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Tuban terus berkomitmen membangun kompetensi sumber daya manusia (SDM) warga sekitar melalui bidang pendidikan. Upaya anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk () itu dengan membuka kembali program Enterprise-Based Vocational Education (EVE). 

Program tersebut adalah beasiswa pendidikan Diploma 3 bagi masyarakat sekitar perusahaan. Tak hanya itu, para penerima beasiswa juga berkesempatan mengikuti pendidikan sekaligus kerja lapangan di SBI.

General Affairs & Community Relations Manager , Trayudi Darma, menjelaskan bahwa EVE merupakan salah satu program CSR SBI dimulai sejak tahun 2005 dengan program belajar selama tiga tahun dengan kurikulum politeknik setara Diploma (D3) Program Studi Teknik Mesin, konsentrasinya Rekayasa Industri Semen.

"Selain mendapat pendidikan gratis selama tiga tahun, siswa yang lolos seleksi dalam program EVE, akan mendapatkan uang tunjangan bulanan berupa uang saku, pelatihan dan sertifikasi keahlian, buku materi pelajaran dan seragam, serta Ijasah D3 resmi dari Politeknik Negeri Jakarta," ujarnya, Kamis (17/3).

Lebih lanjut, sistem pembelajaran program EVE terdiri dari modul praktis 20 persen, teori 30 persen, dan praktek kerja lapangan (OJT) 50 persen untuk membekali para siswa menjadi lulusan yang siap bekerja. Kemudian, para siswa akan mendapatkan sertifikat dari SBI sebagai Teknisi Semen dengan keahlian khusus sebagai teknisi mekanik, teknisi listrik, teknisi produksi, teknisi tambang, dan lain sebagainya.

"Sampai saat ini, terdapat 124 orang siswa lulusan program EVE asal Tuban," kata Trayudi.

Selain EVE, beberapa program CSR lainnya yang dilakukan di bidang pendidikan seperti Program Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA), English For Fun untuk masyarakat sekitar pabrik, Program Bimbingan Belajar, Program Kejar Paket C. Dukungan terhadap pendidikan juga terwujud melalui program infrastruktur seperti pembangunan gedung TPQ Al Anwar di Desa Kedungrejo, pembangunan ruang kelas tambahan di Desa Merkawang, pembangunan gedung MI di Desa Mliwang dan Kedungrejo, serta pembangunan ruang belajar kreatif di Desa Karangasem.

merupakan salah satu bentuk kepedulian SBI dalam bidang pendidikan. Melalui program ini, kami ingin berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan meningkatkan kompetensi siswa-siswa berprestasi dari wilayah lokasi operasional SBI agar memiliki daya saing yang tinggi,” paparnya

Untuk menjalankan program tersebut, PT SBI bekerja sama dengan Politeknik Negeri Jakarta dalam pembekalan para siswa/i EVE untuk menyiapkan mereka menjadi teknisi semen yang berkualitas. 

“Setelah lulus nanti, mereka diberi kebebasan untuk menentukan karir. Saat ini sudah ada 505 orang lulusannya yang sudah bekerja, baik di SBI maupun di perusahaan lain,” pungkasnya. (gun/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO