Gubernur Khofifah Lepas Keberangkatan 220 Jemaah Umrah dari Bandar Udara Internasional Juanda

Gubernur Khofifah Lepas Keberangkatan 220 Jemaah Umrah dari Bandar Udara Internasional Juanda Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, saat melepas Jemaah Umrah dari Bandar Udara Internasional Juanda.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, melepas langsung pemberangkatan " rel="tag">Jemaah Umrah yang kedua kalinya dari , Selasa (15/3). Ada 220 " rel="tag">Jemaah Umrah yang melakukan penerbangan langsung dari Juanda ke Madinah menggunakan maskapai dengan nomor penerbangan .

Saat itu, Khofifah mengatakan bahwa " rel="tag">Jemaah Umrah yang berangkat dari tidak hanya berasal dari Jatim saja, mereka berasal dari Medan (Sumatera Utara), D.I. Yogyakarta dan Kalimantan Selatan. Dengan kembali dibukanya  untuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) menjadikannya hub yang sangat strategis bagi keberangkatan " rel="tag">Jemaah Umrah dari berbagai provinsi di Indonesia.

Gubernur berharap, seluruh proses manajemen dari keberangkatan Umrah ini akan diikuti dengan kedisiplinan protokol kesehatan, baik dari masing-masing jamaah ataupun pihak penyelenggara Ibadah , seperti travel ataupun dari Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia ().

“Jadi semuanya harus bersinergi untuk bisa memberangkatkan, menyelenggarakan, dan sampai kepulangan semua dalam keadaan sehat, selamat, dan lancar. Apalagi ini keberangkatan umroh setelah kurang lebih dua tahun tertunda karena pandemi Covid-19,” kata Khofifah.

Menurut dia, pembukaan kembali Bandara Juanda untuk PPLN dan Ibadah Umrah ini menjadi bagian penting yang beriringan dengan pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur. Sehari sebelumnya, sebanyak 392 " rel="tag">Jemaah Umrah telah berangkat dari menggunakan maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT 1100.

“Kita bisa membayangkan ada yang dari Medan, Kalsel, dan Jogja, mereka pasti butuh penginapan atau hotel. Tentunya ini jadi sinergitas dari seluruh institusi yang bisa memberikan nilai tambah yang strategis bagi kita semua salah satunya Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia () yang ada di Jatim,” ujarnya.

Nantinya, lanjut Khofifah, proses pemberangkatan Umrah dari diharapkan bisa berjalan secara reguler dan intensitas penerbangannya bisa ditingkatkan, apalagi menjelang Bulan Suci Ramadhan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO