Serahkan Tanah Kerajaan Majapahit pada Jokowi, Gubernur Khofifah Tanam Mangga Lalijiwo di IKN

Serahkan Tanah Kerajaan Majapahit pada Jokowi, Gubernur Khofifah Tanam Mangga Lalijiwo di IKN Presiden RI Joko Widodo menuangkan air kendi yang dibawa Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kedalam kendi nusantara di kawasan Titik Nol IKN Nusantara, Kecamantan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). Tampak Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi.

PENAJAM PASER UTARA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa mengikuti proses penyatuan tanah dan air bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bersama 34 Provinsi se-Indonesia, Senin (14/3/2022). Acara itu berlangsung di kawasan Titik Nol IKN Nusantara, Kecamantan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur.

Gubernur menyerahkan tanah dan air yang dikemas dalam kendi dan kendil dari tanah liat itu kepada Presiden Jokowi. Kendi dan kendil itu dibalut dengan kain batik khas motif Surya Majapahit Mojokerto. Kendi dan kendil itu juga dihiasi ntaian bunga melati dan kantil.

Begitu menerima kendi dan kendil dari Gubernur , Presiden Jokowi kemudian menuangkan ke dalam Kendi Nusantara untuk dipersatuakan dengan air dari 34 provinsi yang juga dibawa para gubernur atau kepala daerah.

Presiden Jokowi menyebut prosesi penyatuan tanah dan air itu sebagai bentuk nyata dari kebhinekaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Juga sebagai penanda awal pembangunan IKN.

Jokowi berharap prosesi penyatuan tanah dan air itu bisa menjadi simbol dan pengingat bahwa IKN merupakan milik bersama masyarakat Indonesia dari segala penjuru.

"Ini merupakan bentuk kebhinekaan kita dan persatuan yang kuat diantara kita dalam rangka membangun Ibu Kota Negara baru Nusantara ini," tegas Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi.

Dalam acara itu Jokowi juga didampingi oleh 15 orang tokoh masyarakat Kaltim. Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih atas dukungan dari seluruh pihak. Menurut dia, IKN juga cita-cita bersama Bangsa Indonesia untuk mewujudkan persatuan Bangsa Indonesia yang semakin kuat di masa depan.

"Kolaborasi pemerintah pusat dan daerah, TNI-POLRI, swasta dan seluruh masyarakat dalam pembangunan IKN akan sangat membantu agar apa yang kita cita-citakan ini bisa segera terwujud," kata Jokowi.

Gubernur menyatakan Pemprov Jatim mendukung penuh pembangunan IKN sebagai Ibukota negara yang baru. Menurut Khoifah, pemilihan nama Nusantara oleh Presiden Jokowi juga sangat sesuai dengan identitas banga Indonesia akan Bhinneka Tunggal Ika-nya.

"Menurut referensi yang saya baca, dalam sumpah Palapa yang diikrarkan Mahapatih Gadjah Mada termaktub katan Nusantara yang maksudnya pulau- pulau yang sangat banyak ini adalah satu rangkaian ketika pulau-pulau itu bersatu (NUSANTARA). Maka Bhinneka Tunggakl Ika Tanhana Dharma mangrwa kita wujudkan bahwa kebhinekaan ini harus di dalam satu kesatuan dan kebenaran tidak mendua. Hal tersebut termaktub dalam buku Nagarakartagama karya Mpu Prapanca dan Sutasoma karya Mpu Tantular," kata .

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO