Pemkab Sidoarjo Normalisasi Sungai Tangani Desa di Porong Langganan Banjir

Pemkab Sidoarjo Normalisasi Sungai Tangani Desa di Porong Langganan Banjir BANTUAN: Wabup Subandi menyerahkan sembako ke warga Desa Pesawahan, Porong, Selasa (1/3). foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo bakal melakukan normalisasi sungai sebagai upaya menangani banjir yang kerap melanda empat desa di Kecamatan Porong.

Empat desa di Kecamatan Porong yang kerap banjir usai diguyur hujan deras, yakni Desa Pesawahan, Candi Pari, Kedungsolo, dan Wunut.

Rencana normalisasi sungai di sekitar empat desa tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, Subandi, saat meninjau Desa Pesawahan, Porong, Selasa (1/3).

"Sudah masuk anggaran tahun ini. Triwulan kedua atau April sudah mulai dilaksanakan. Termasuk normalisasi DAM kali yang dilewati empat desa itu. Kemudian nanti akan dibangun MCK di Desa Candi Pari dan Pesawahan," cetus .

Ia mengatakan, keempat desa tersebut menjadi langganan tergenang air. Kondisi ini rutin terjadi setiap tahun. Rata-rata ketinggian genangan air yang masuk ke halaman rumah warga antara 15-25 cm.

Dijelaskan Subandi, selain upaya normalisasi dengan mengeruk sungai yang dangkal, tahun ini juga akan melakukan pelebaran sungai.

Saat ini, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumberdaya Air (DPU BM-SDA) Sidoarjo tengah proses mengirim alat berat yang digunakan untuk normalisasi sungai bendungan persawahan.

Sedangkan dinas sosial (dinsos) menggelontor sembako 500 paket. Sementara, untuk melayani kesehatan warga terdampak banjir, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo menyiapkan pendirian posko kesehatan. Pemkab juga mengupayakan ketersediaan air bersih untuk warga terdampak banjir ini lewat Baznas Sidoarjo .

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo Dwijo Prawito menambahkan, satgas penanggulangan banjir dalam waktu dekat akan mendirikan posko di dua desa, yakni Pesawahan dan Candi Pari.

"Untuk kebutuhan MCK dan air bersih, BPBD akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Baznas Sidoarjo," beber Dwijo saat mendampingi meninjau desa Pesawahan Porong. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO