Survei SSC: Elektabilitas Golkar Disalip Demokrat

Survei SSC: Elektabilitas Golkar Disalip Demokrat Dr. Surokim Abdus Salam, peneliti senior SSC. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Konstelasi politik di tanah air semakin menarik. Para politikus hingga partai beramai-ramai berusaha mengambil hati kaum hawa. Termasuk di Jawa Timur, kaum hawa atau yang dikenal dengan sebutan emak-emak ini menjadi target politik.

Suara emak-emak sendiri dianggap bisa menentukan kemenangan salah satu calon atau partai itu sendiri. Namun, hal ini rupanya menjadi ancaman Partai Golkar. Pasalnya, dari survei top of mind Partai Golkar di Jatim hanya memperoleh 3 persen. Sedangkan PDIP masih berada di posisi puncak dengan perolehan 20,2 persen. Kemudian disusul oleh PKB dan Gerindra yang masing-masing mengantongi 11,2 dan 8.8 persen di urutan kedua dan ketiga. Partai Demokrat pun mengikuti dengan perolehan 5 persen.

"Apa yang dicapai PDIP ini sesungguhnya tidak mengherankan. Modal mereka sebagai partai juara di 10 tahun terakhir memang masih sangat kuat. Sehingga, hasil yang mereka capai pun bisa jauh mengungguli yang berada di posisi di bawahnya," kata peneliti senior , Surokim Abdus Salam, Jumat (25/2/2022).

Terkait survei elektabilitas, pria yang juga Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura itu mengatakan, PDIP berada di posisi pertama dengan perolehan 24,4 persen.

“Baru kemudian disusul oleh PKB dengan 17.3 persen dan Gerindra dengan 11,1 persen," bebernya.

Lebih lanjut Surokim menjelaskan, terkait survei elektabilitas dari partai lainnya, yakni Partai Demokrat dengan 8,3 persen, Golkar dengan 5,7 persen, Nasdem dengan 4,7 persen, PKS ada 4 persen, dan PPP dengan 2,4 persen, serta PAN ada 2 persen.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO