Songsong Pemilu 2024, Bawaslu Gresik Mulai Tahapan Pendataan Pemilih

Songsong Pemilu 2024, Bawaslu Gresik Mulai Tahapan Pendataan Pemilih Suasana ketika FGD pendataan pemilih Pemilu 2024 yang digelar Bawaslu Gresik. SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com Gresik mulai melakukan sejumlah tahapan guna menyongsong Pemilu serentak pada 2024 mendatang. Salah satu tahapan awal adalah fokus mengenai data pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan yang dilakukan sepanjang 2021.

Komisioner Gresik Bidang Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga, Muhammad Syafi’ Jamhari, mengatakan bahwa berdasarkan hasil rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) sepanjang 2021 menunjukkan, calon pemilih pemula belum terisi sama sekali.

"Kita lihat hampir nol, kemudian kami mencoba untuk membuat konsep agar calon pemilih pemula yang sudah berusia 17 dan 18 tahun atau kelahiran 2004 dan 2005 dapat segera masuk daftar pemilih pemula di ," ujarnya, Jumat (11/2).

Penyelenggara Pemilu, kata Jamhari, tidak bisa serta merta meminta data kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Gresik untuk memperbarui data pemilih baru sertiap bulannya karena regulasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Jadi Dispendukcapil kabupaten atau provinsi tidak diperkenankan memberikan data kependudukan kepada lembaga selevel by name by address, karena ada aturannya," ungkapnya.

Karena itu, lanjut Jamhari, Gresik menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan beberapa kalangan untuk memperbarui data calon pemilih pemula di Kota Pudak.

"Caranya dengan menggandeng komunitas yang punya struktur sampai desa seperti IPNU dan sebagainya, kemudian kita kampanye di media sosial," tuturnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO