Dukung Penanganan Covid-19, PJB Siap Suplai Oksigen ke Rumah Sakit

Dukung Penanganan Covid-19, PJB Siap Suplai Oksigen ke Rumah Sakit Petugas PJB saat mengambil suplai oksigen.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) siap memasok kebutuhan oksigen yang diproduksi oleh Unit Pembangkit (UP) Muara Karang yang terletak di kawasan , , untuk rumah sakit bila sewaktu-waktu diperlukan. Ini dilakukan untuk mendukung penanganan Covid-19 yang meningkat.

Direktur Utama , Gong Matua Hasibuan, mengatakan bahwa pada puncak gelombang 2 Covid-19 di Indonesia tahun lalu, PJB melalui telah aktif memasok oksigen untuk kebutuhan beberapa rumah sakit di Jakarta sejak Juli 2021, yakni RSI Cempaka Putih, RSUD Pasar Minggu, dan Puskesmas Kelapa Gading.

"Total oksigen keseluruhan yang telah didistribusikan adalah 390,5 meter kubik. Permintaan tersebut terhenti saat kondisi pandemi melandai beberapa waktu lalu. PJB memanfaatkan oksigen yang awalnya dibuang ke udara bebas pada sistem pendingin pembangkit menjadi oksigen medis murni," ujarnya, Jumat (11/2).

Adapun estimasi produksi oksigen mencapai 2 ton per hari. Oksigen medis yang diproduksi kini mencapai 900 kg/bulan dan telah mendapatkan Sertifikat Inspeksi Gas Medik Oksigen dari Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) pada 5 Agustus 2021.

"Untuk proses pengolahannnya, instalasi ini juga telah tersertifikasi Instalasi Gas Medik Oksigen Generator pada 6 Oktober 2021 dari BPFK Jakarta, sehingga terjamin penggunaanya," tuturnya. (diy/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral, Buaya Muara Muncul di Aliran Sungai di Kawasan PIK, Jakarta Utara':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO