Bangun Desa Wisata Kampung Kelengkeng, Pemdes Simoketawang Sidoarjo Bagikan 500 Bibit ke Warganya

Bangun Desa Wisata Kampung Kelengkeng, Pemdes Simoketawang Sidoarjo Bagikan 500 Bibit ke Warganya SIMBOLIS: Wabup Subandi menyerahkan bibit pohon Kelengkeng kepada warga Desa Simoketawang Wonoayu, Rabu (9/2). foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Simoketawang membuat program satu rumah satu pohon . Sebanyak 500 bibit pohon dibagikan secara gratis oleh Pemdes Simoketawang ke warganya, Rabu (9/2).

Penyerahan bibit dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Subandi di Rumah UMKM yang juga menjadi salah satu BUM Desa Simoketawang.

Program bagi-bagi bibit pohon itu dilakukan agar Desa Simoketawang semakin dikenal luas sebagai satu-satunya desa penghasil di .

Untuk pengembangan kebun dipercayakan kepada BUM Desa Wisata Kampung Kelengkeng. Hasil dari pengembangan itu akan menjadi tambahan pemasukan Pendapatan Asli Desa (PAD) yang nantinya pendapatan itu sebagian besar akan dikembalikan lagi untuk pengembangan wisata.

Wabup Subandi mengapresiasi apa yang dilakukan Pemdes Simoketawang. Diharapkan ada kemandirian desa dengan BUM Desa yang dimilikinya. Pasalnya, BUM Desa yang ada akan meningkatkan PAD desa.

Selain itu, juga akan membangkitkan perekonomian warga di saat pandemi Covid-19 dan penyerapan tenaga kerja. Oleh karena itu, dirinya meminta apa yang dilakukan Desa Simoketawang dapat dicontoh desa lainnya.

"Kita harapkan semua teman-teman kepala desa punya inovasi, terkait BUM Desa, kita akan gerakkan seluruh BUM Desa yang ada, ini penting bagi kemandirian desa," cetusnya.

Ia mengatakan Pemkab akan selalu mensupport BUM Desa di setiap desa. Salah satunya dengan memberikan dana BKK (Bantuan Keungan Khusus) kepada desa.

Dengan dana tersebut diharapkan BUM Desa yang ada akan semakin berkembang. "Kita bisa memberikan BKK, bisa melalui BUM Desa nya untuk peningkatan inovasi kepala desa seperti ini," tandasnya.

Ke depan Wabup Subandi berharap akan semakin banyak BUM Desa bermunculan. Hal tersebut tidak lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat .

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO