Stop BAB Sembarangan, Dinas Perkim Jombang Bangun 3.000 MCK | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Stop BAB Sembarangan, Dinas Perkim Jombang Bangun 3.000 MCK

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Aan Amrullah
Jumat, 10 Desember 2021 13:46 WIB

Bangunan MCK di Kecamatan Mojowarno untuk warga tak mampu.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Guna menciptakan desa-desa yang sehat di kota santri, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Jombang, berkolaborasi dengan pemerintah desa membangun 3.000 sanitasi berupa sarana MCK (mandi, cuci, kakus).

Pembangunan sarana MCK ini tersebar di seluruh desa kabupaten setempat. Dengan adanya MCK ini, diharapkan masyaakat tidak BAB (buang air besar) sembarangan.

Pembangunan MCK dibungkus dalam program kegiatan Berkadang (berkarakter dan berdaya saing) yang bertujuan membantu desa melalui mekanisme bantuan keuangan, yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat dengan bentuk pembangunan fisik/belanja fisik dan nonfisik.

"Diharapkan melalui program ini nantinya menjadikan desa-desa di Kabupaten Jombang lebih sehat dan bebas ODF," ujar Kepala Dinas Perkim Kabupaten Jombang, Heru Widjajanto, Jumat (10/12/2021).

Dijelaskan, pada tahun anggaran 2021, disperkim telah membangun sebanyak 283 unit MCK individual di Kecamatan Mojowarno. Pembangunan MCK dilakukan sesuai tata cara perencanaan umum serta menjaga kaidah-kaidah MCK sehat, dengan harapan dapat berperan dalam pengendalian lingkungan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video