Seandainya Gempa dan Tsunami Terjadi di Blitar, Ini Saran dari BMKG | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Seandainya Gempa dan Tsunami Terjadi di Blitar, Ini Saran dari BMKG

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Akina Nur Alana
Rabu, 09 Juni 2021 00:40 WIB

Kepala BMKG saat mengecek kondisi jalur evakuasi di Blitar selatan.

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Soal potensi gempa dan , Kota Blitar tak luput dari perhatian Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (). Saat bertemu dengan Wali Kota Blitar, Kepala Dwikorita Karnawati mengatakan, meski posisi Kota Blitar aman dari dampak , namun harus disiapkan mitigasi jika skenario potensi gempa berkekuatan 8,7 M terjadi.

"Kalau tidak akan sampai ke Kota Blitar. Namun Kota Blitar ini kan tanahnya pasir lepas jadi meskipun pusat gempanya ini jauh, getarannya di Kota Blitar menguat. Poinnya harus menyiapkan bangunan yang ada di kota, utamanya bangunan vital seperti rumah sakit, sekolah, kantor, dan mal harus dicek benar-benar ketahanannya terhadap gempa. Dan menyiapkan masyarakatnya apa yang harus dilakukan saat gempa terjadi," tutur Dwikora.

Selain itu, masyarakat harus diberi pengetahuan bagaimana menghadapi bencana. Terutama bagi mereka yang beraktivitas di dalam gedung.

"Misalnya untuk anak sekolah bagaimana menyelamatkan diri saat ada gempa. Kemudian mereka yang berada di dalam mal dan gedung-gedung bertingkat," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video