Puluhan Seniman Pamekasan Gelar Aksi Tolak Draf RUU Permusikan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Puluhan Seniman Pamekasan Gelar Aksi Tolak Draf RUU Permusikan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Erri Sugianto
Senin, 18 Februari 2019 14:32 WIB

Aksi seniman di Pamekasan menolak RUU Permusikan sambil menggelar panggung hiburan di depan gedung DPRD. foto: ERRI S/ BANGSAONLINE

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan seniman Kabupaten Pamekasan menggelar aksi untuk menyatakan penolakan terhadap pengesahan draft RUU Permusikaan di Gedung DPRD Pamekasan, Senin (18/2/2019).

Dalam aksinya, mereka mengelar panggung hiburan di depan halaman DPRD Pamekasan. Para musisi tersebut menyanyikan beberapa lagu dari musisi kelas atas di Indonesia, di antaranya lagu Iwan Fals berjudul Bento, Bongkar, dan Perahu Retak.

Koordinator aksi, Indra menilai, RUU Permusikan yang saat ini tengah digodok DPR tidak ada urgensinya. "Sebab, draf RUU Permusikan menyimpan banyak masalah yang berpotensi membatasi, menghambat dukungan perkembangan proses kreasi, dan justru merepresi para pekerja musik," katanya.

Norman, satu di antara musisi Pamekasan yang juga hadir dalam aksi tersebut mengatakan, bahwa pihaknya sejatinya mendukung upaya legislator dalam mensejahterakan musisi dan ekosistem industri musik yang lebih baik. Hanya saja, ada sejumlah pasalh di RUU Permusikan yang menurutnya tak relevan.

“Kalau musisinya ingin sejahtera, sebetulnya sudah ada UU Pelindungan Hak Cipta dan lain sebagainya dari badan yang lebih mampu melindungi itu. Jadi untuk apa lagi RUU Permusikan ini," ujar Norman.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video