Tips Konsumsi Gula untuk Anak yang Perlu Diperhatikan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tips Konsumsi Gula untuk Anak yang Perlu Diperhatikan

Editor: Annisa'a Ambarnis
Jumat, 24 Mei 2024 09:35 WIB

Tips Konsumsi Gula untuk Anak yang Perlu Diperhatikan. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gula bersifat adiktif yang artinya dapat menyebabkan kecanduan, khususnya pada anak.

Saat anak mengonsumsi gula, otak akan melepaskan zat kimia dopamine yang meningkatkan sensasi kesenangan dan penghargaan diri. Respon tersebut memperkuat kainginan mengonsumsi gula lebih banyak lagi.

Ahli gizi Dr dr. Tan Shot Yen, M.Hum membagikan beberapa tips bagi para orang tua mengenai konsumsi gula yang aman untuk anak.

Dokter Tan menjelaskan langkah pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua agar anak bisa mengenal rasa manis dari gula ialah dengan membiasakan konsumsi pangan dari sumbernya secara langsung, seperti beras, jagung, umbi-umbian, sagu, sayur-sayuran dan buah.

Orang tua disarankan tidak menambah gula tambahan yang telah diolah atau gula rafinasi seperti gula pasir atau pemanis buatan.

Selain itu, langkah lain yang dapat dilakukan orang tua untuk membatasi kadar gula anak ialah memahami label pangan dalam pangan yang dikemas. Tentunya hindarilah pangan kemasan yang menyebutkan mengandung gula tinggi.

Dokter Tan mengingatkan dalam mengecek label pangan orang tua harus mengenali istilah dari gula-gula yang tersembunyi dalam komposisi yang tertulis.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video