Wacana Pembentukan Global Water Fund, Pj Wali Kediri: Sungai Brantas Harus Dapat Manfaatnya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Wacana Pembentukan Global Water Fund, Pj Wali Kediri: Sungai Brantas Harus Dapat Manfaatnya

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Rabu, 22 Mei 2024 22:03 WIB

Sungai Brantas yang membelah Kota Kediri.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah mendorong pembentukan Global Water Fund atau Dana Air Dunia dalam high level meeting dengan delegasi negara-negara yang mengikuti World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

Negara-negara peserta WWF ke-10 telah melihat keseriusan dan komitmen Indonesia untuk mengatasi isu terkait air. Global Water Fund diyakini bisa menjadi solusi untuk mengatasi hambatan fiskal terkait proyek-proyek air.

, Zanariah, merespons positif inisiatif tersebut. Menurut dia, Kota Kediri yang secara alamiah dibelah oleh Sungai Brantas bisa mengambil peran dan mendapatkan manfaatnya jika Dana Air Dunia bisa benar-benar terwujud.

"Soal sumber daya air ini harus menjadi tanggung jawab global, jangan hanya berfikir soal hutan saja. Kita lihat saja secara objektif, terkait air ini, terutama daerah yang tidak memiliki laut, kita lebih banyak bekerja sendiri. Padahal kami di daerah juga punya sumber mata air dan sungai," ucapnya, Rabu (22/5/2024).

"Kota Kediri seharusnya sangat strategis posisinya karena tepat dibelah oleh Sungai Brantas. Kami memiliki 27 mata air yang selama ini mensuplai air ke Sungai Brantas, jadi urusan debit air itu daerah juga berkepentingan," imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video