Polemik Adu Sapi Thok-Thok, Ning Lia Dukung Penolakan Masyarakat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Polemik Adu Sapi Thok-Thok, Ning Lia Dukung Penolakan Masyarakat

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: M. Didi Rosadi
Senin, 20 Mei 2024 20:29 WIB

Anggota DPD RI terpilih periode 2024-2029, Lia Istifhama atau yang akrab disapa Ning Lia. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anggota DPD RI terpilih periode 2024-2029, Lia Istifhama, mendukung penolakan masyarakat terkait Thok-Thok atau adu sapi yang dianggap sebagai budaya dari , Gresik. Ia menyatakan, penolakan itu menjadi pembelajaran banyak pihak dan potret ikhtiar masyarakat menjaga nilai luhur kearifan lokal.

“Apa yang dilakukan masyarakat merupakan self reminder bagi semua pihak. Jangan sesekali men-sematkan budaya A pada sebuah wilayah yang tidak ada kaitan dengan budaya tersebut. Apalagi budaya thok-thok sapi yang mana dua sapi diadu. Ini jelas haram dan menyakitkan hewan ternak," kata perempuan yang akrab disapa itu, Senin (20/5/2024).

Ia pun berharap agar sikap tegas masyarakat bisa menjadi teladan bersama, “Sikap tegas seperti itu harus diteladani agar budaya di tempat lain juga terjaga nilai luhurnya. Dan agar tidak ada penumpang gelap yang pansos dengan mengkaitkan sebuah kebiasaan dengan wilayah tertentu."

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video