Keren! D Zawawi Imron dan 15 Penyair bakal Baca Puisi di Festival Pesantren Tebuireng | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Keren! D Zawawi Imron dan 15 Penyair bakal Baca Puisi di Festival Pesantren Tebuireng

Editor: M Mas'ud Adnan
Selasa, 30 April 2024 09:14 WIB

D. Zawawi Imron. Foto: wikipidea

JOMBANG, BANGSAONLINE.com – Sebanyak 16 dari seluruh tanah air akan menyemarakkan Festival Pesantren Tebuireng Jawa Timur pada Jumat, 3 Mei 2024 mendatang. Termasuk kondang D. Zawawi Imron dari Sumenep Madura. Penyair celurit emas itu akan membacakan puisi bersama 15 lainnya di tengah ribuan alumni Pesantren Tebuireng.

“Pembacaan puisi itu dimulai habis Jumat. Mereka membaca puisi bergantian. Nanti akan diatur oleh MC,” tutur Chamim Kohari, yang juga salah satu koordinator panitia Festival Pesantren Tebuireng kepada BANGSAONLINE, Selasa (30/4/2024) pagi.

Siapa saja mereka? Silakan simak di flyer yang dibuat panitia di berita ini.

Yang menarik, 14 orang dari 16 yang akan berlaga di Festival Pesantren Tebuireng itu semuanya santri dan alumni Pesantren Tebuireng. Ini berarti Pesantren Tebuireng sangat produktif melahirkan , sastrawan, pengarang dan penulis.

Mereka sebenarnya aktif di berbagai profesi, seperti akademisi, pengasuh pesantren dan juga pelajar. Tapi mereka juga aktif dalam kerja budaya dan produktif melahirkan karya.

“Hanya Pak Zawawi dan Fileski yang bukan alumni,” kata Chamim Kohari.

Zawawi Imron dan Fileski - nama lengkapnya Walidha Tanjung Files - memang semacam bintang tamu. Tapi meski bukan alumni Pesantren Tebuireng, Zawawi Imron yang dikenal sebagai kiai santun itu, karya-karyanya sangat dekat dengan Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy’ari, pendiri Pesantren Tebuireng dan Nahdlatul Ulama (NU). Bahkan saat acara Satu Abad NU Zawawi Imron secara khusus mempersembahkan karya lukisan Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy’ari.

Begitu juga karya puisinya. Banyak sekali bertema kecintaan pada tanah air dan memuliakan perjuangan ulama, terutama Hadratussyaikh KHM Hasyim Asyari.

Simak saja potongan puisi kemerdekaan karya D. Zawawi Imron.

Rakyat jelata belum tahu mereka harus berbuat apa. Tapi, semangat merdeka masih terus menyala-nyala. Rakyat Indonesia tidal rela Indonesia kembali dijajah, Indonesia sudah merdeka dan harus tetap merdeka. Sekali merdeka, tetap merdeka.

Pada saat rakyat kebingungan seperti itu, tampillah seorang kiai sepuh, KH Hasyim Asy'ari namanya, yang melihat umat dengan kacamata rahmat. Beliau merasakan dengan jiwa yang dalam, terasa berat bagi beliau penderitaan umat.

Lalu, beliau mengumpulkan para kiai dan ulama se-Jawa dan Madura untuk menyelesaikan masalah umat, masalah bangsa, masalah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang baru saja merdeka. 

Dari kejernihan jiwa Kiai Hasyim yang taqarrub kepada Allah, yang didukung oleh akal sehat kolektif serta hasil istikharah para ulama, maka pada tanggal 22 Oktober 1945 tercetuslah fatwa Resolusi Jihad.

Bahwa setiap muslim wajib angkat senjata berjuang membela Tanah Air Indonesia, dan mereka yang gugur di medan perang melawan penjajah adalah kusuma bangsa yang mati syahid di jalan Allah.

Fatwa yang cerdas dan penuh tanggung jawab itu beredar ke seluruh tanah Jawa. Fatwa itu dicatat sebagai mustika jiwa oleh seorang pemuda Surabaya berumur 25 tahun, Bung Tomo namanya. Bung Tomo yang muda dan cerdas itu bertakbir “Allahu akbar”. 

Kemudian anak-anak santri untuk sementara menutup dan menyimpan kitabnya. Para petani lalu meninggalkan sawahnya dan mengasah parangnya, dan yang lain membuat bambu runcing sebagai senjata. Tentara menyiapkan senjata walau apa adanya untuk menyambut kedatangan musuh dengan iman kepada Allah dan keberanian yang sempurna.

Festival Pesantren Tebuireng ini bagian dari rangkaian acara Temu Alumni Pesantren Tebuireng yang digelar tiap tahun, tepatnya Sabtu akhir atau Sabtu keempat pada bulan Syawal. Tahun ini jatuh pada 4 Mei 2024 mendatang.

Namun sebelum puncak acara pada 4 Mei 2024 itu serangkaian acara digelar terutama pada 3 Mei 2024. Di bawah ini daftar lengkap agenda acara yang menyemarakkan temu alumni Pesantren Tebuireng itu.

- Training Kitab Adabul Alim Wal Muta'allim

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video