Kuartal I Tahun 2023, Ekonomi Jatim Tumbuh 4,95%, Khofifah Optimis Bakal Kian Melejit | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kuartal I Tahun 2023, Ekonomi Jatim Tumbuh 4,95%, Khofifah Optimis Bakal Kian Melejit

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Devi Fitri Afrianti
Jumat, 12 Mei 2023 11:07 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ekonomi Jawa Timur pada kuartal I tahun 2023 tumubuh 4,95% dibandingkan kuartal I tahun 2022 (y-on-y). Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, mengapresiasi seluruh elemen masyarakat, termasuk pelaku usaha dan industri atas optimismenya bahwa Jatim bisa bangkit pasca pandemi.

"Ini menjadi bukti bahwa semangat dan harapan yang terus kita pupuk dan perjuangkan menuai hasil positif. Alhamdulillah, pertumbuhan ekonomi di Jatim ini diharapkan juga berimbas pula pada peningkatan kesejahteraan warga Jatim," ujarnya di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (12/5).

Angka pertumbuhan ekonomi itu mengukuhkan Jatim sebagai penyumbang perekonomian terbesar kedua di Pulau Jawa. Kontribusi Jatim terhadap perekonomian Pulau Jawa sebesar 24,99%, tertinggi kedua setelah Jakarta sebesar 29,60%. Jatim berkontribusi sebesar 14,29% pada pertumbuhan ekonomi nasional.

"Alhamdulillah secara y-on-y semua lapangan usaha di Jatim mengalami pertumbuhan positif. Yang paling signifikan adalah pengadaan listrik dan gas tumbuh sebesar 19,39%, diikuti lapangan usaha transportasi dan pergudangan tumbuh sebesar 11,74%, serta lapangan usaha penyediaan akomodasi dan makan minum tumbuh sebesar 9,43%," urai Gubernur .

Gubernur menjelaskan, secara q-to-q, Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim menurut lapangan usaha masih didominasi oleh lapangan usaha industri pengolahan sebesar 31,00 persen; diikuti perdagangan besar-eceran, reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 19,13 persen; pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 10,76 persen, serta konstruksi sebesar 8,79 persen. Peranan keempat lapangan usaha tersebut dalam perekonomian Jawa Timur mencapai 69,69 persen.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video