Kemenkumham Jatim Dukung Penguatan Jaringan Sistem Pelindungan KI Bidang Teknologi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kemenkumham Jatim Dukung Penguatan Jaringan Sistem Pelindungan KI Bidang Teknologi

Editor: Redaksi
Senin, 27 Maret 2023 16:23 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Kanwil Kemenkumham Jatim memberikan suport penuh terhadap penguatan jaringan sistem pelindungan KI () bidang teknologi yang digagas () bersama World Intellectual Property Organization () dan The Japan Patent Office (JPO).

Dukungan itu diwujudkan melalui fasilitasi acara Regional Technology and Innovation Support Center () Network yang digelar di DoubleTree Hotel Surabaya, 27-28 Maret 2023.

Imam Jauhari, Kakanwil Kemenkumham Jatim, mengatakan event yang dihadiri delegasi dari delapan negara ASEAN tersebut adalah ajang untuk sharing, bertukar pengalaman dalam praktik meningkatkan layanan dukungan inovasi.

"Kami merasa terhormat dipilih sebagai tuan rumah gelaran berskala internasional. Hal ini membuktikan bahwa Jawa Timur masih menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi berbasis KI," ujarnya.

Imam menegaskan bahwa terus mendorong agar KI () menjadi aset masa depan. Sehingga KI bisa menjadi roda penggerak ekonomi Indonesia melalui Jawa Timur.

Sementara Alejandro Roca Campana, Senior Director IP for Innovators Department, IP and Innovation Ecosystems Sector , mengatakan tujuan meeting ini ialah mengharmonisasi dan menyinergikan sistem (KI) di ASEAN melalui bidang teknologi.

Ia berharap melalui acara ini, negara-negara anggota ASEAN dapat mengembangkan KI, terutama di bidang teknologi. " bisa membantu melalui peningkatan kapasitas, pelatihan, dan lainnya," tutur Alejandro.

Selain menyinergikan sistem KI di ASEAN, lanjut Roca, berharap universitas dan lembaga di negara ASEAN paham terkait pentingnya komersialisasi KI.

"Kami terus mendorong penggunaan teknologi di ASEAN agar berguna bagi negara anggotanya. Tidak hanya dalam hal membangun kesadaran KI di bidang teknologi, tapi juga akan mendorong komersialisasi yang bermanfaat bagi tiap negara," tambahnya.

Sri Lastami, Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan KI, menambahkan bahwa saat ini punya peran vital dalam proses pembangunan nasional maupun global. Berdasarkan hasil kajian , kekuatan KI dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kondisi ekonomi seseorang, perusahaan, organisasi, bahkan suatu negara.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: Humas Kemenkumham Jatim

 

sumber : Humas Kemenkumham Jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video