Pemkab Pasuruan Dinilai Setengah Hati Wujudkan ODF, Lujeng: OPD Terkesan Jalan Sendiri-Sendiri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkab Pasuruan Dinilai Setengah Hati Wujudkan ODF, Lujeng: OPD Terkesan Jalan Sendiri-Sendiri

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Minggu, 19 Februari 2023 03:32 WIB

Lujeng Sudarto.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Berdasarkan data dari pada rapat musrenbang tahun 2023, hanya 2 dari 24 Kecamatan yang dinyatakan open defecation free () atau bebas dari buang air besar (BAB) sembarangan. Yakni Kecamatan Tutur dan Tosari.

Buruknya penataan sanitasi lingkungan yang kurang sehat tersebut mendapat kritikan dari pemerhati lingkungan, Lujeng Sudharto. Ia menilai masih setengah-setengah dalam mewujudkan . Kata dia, hal tersebut bisa dilihat dari masih banyaknya desa yang masih belum bebas BAB sembarangan

"Penanganan masih parsial dan dinas-dinas terkait terkesan jalan sendiri-sendiri. Dampaknya, capaian kurang maksimal," tuturnya.

Ia mengungkapkan, dukungan anggaran dari dalam menangani masyarakat yang masih BAB sembarangan tiap tahun relatif kecil bila dibandingkan dengan jumlah warga Pasuruan yang belum memiliki jamban. Karena itu, target mewujudkan Kabupaten Pasuruan juga lamban.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video