Polres Jember Tangkap 22 Penambang Emas Ilegal | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Polres Jember Tangkap 22 Penambang Emas Ilegal

Editor: Siswanto
Wartawan: Yudi Indrawan
Sabtu, 28 Januari 2023 19:49 WIB

Polres Jember saat konferensi pers ungkap kasus penambangan emas ilegal.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Polres menangkap 22 orang yang terlibat dalam kasus penambangan emas ilegal di Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah. Hal tersebut diungkapkan saat konferensi pers yang digelar di Mapolres , Jumat (27/1/2023).

Kapolres , AKBP Hery Purnomo, mengatakan bahwa pihaknya pernah sesekali memperingatkan para pelaku sebelum melakukan penangkapan, dan saat itu masih ditemukan sedikit orang saja. Namun, beberapa waktu kemudian, aktivitas penambangan emas ilegal di sana malah merebak.

“Sebelumnya kami sudah peringatkan dua penambang yang tengah melakukan aktivitas penambangan liar, tapi lama-lama menjadi massal,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, apa yang dilakukan para penambang emas ilegal itu masih tergolong tradisional lantaran di lokasi ditemukan beberapa lubang dengan kedalaman 5-10 meter, tanpa ada pengaman apapun. Barang bukti yang ditemukan dan diamankan petugas berupa dua genset, satu mesin diesel, palu, cangkul, dan beberapa alat gali tradisional, serta bukti pecahan batu sejumlah 6 karung yang diduga mengandung emas.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video