Bawaslu Surabaya Ajak Ormas Perempuan NU dan Muhammadiyah Partisipatif Awasi Pemilu 2024 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bawaslu Surabaya Ajak Ormas Perempuan NU dan Muhammadiyah Partisipatif Awasi Pemilu 2024

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: M. Didi Rosadi
Senin, 12 Desember 2022 21:00 WIB

Komisioner Bawaslu Surabaya, Lilies Pratiwining Setyarini, saat memberi materi sosialisasi partisipatif pengawasan pemilu kepada kader Fatayat, Muslimat NU, dan Aisyiyah. Foto: M. DIDI ROSADI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bawaslu punya komitmen menjaga proses pesta demokrasi berlangsung jujur dan adil (jurdil) dengan menekan potensi kecurangan. Karena itu, pengawasan melekat akan dilakukan Bawaslu untuk mengawal pemilihan umum yang jurdil.

Untuk menekan hal tersebut, salah satu penyelenggara pesta demokrasi di Kota Pahlawan ini mengaku memiliki keterbatasan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM). Bawaslu pun mengajak partisipatif ormas perempuan dan untuk ikut mengawasi proses pemilu dari praktik kecurangan maupun politik uang (money politic).

"Kami tidak bisa bekerja sendiri dalam mengawasi pemilu di Kota . Karena itu kami menggandeng Fatayat, Muslimat dan untuk ikut mengawal proses pemilu serentak tahun 2024," kata Komisioner Bawaslu , Lilies Pratiwining Setyarini, Senin (12/12/2022).

Menurut dia, pendidikan politik penting diberikan kepada calon pemilih. Karena itu, pihaknya menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif bagi pemilih perempuan yang diikuti ratusan kader ormas perempuan.

Ia menambahkan, pihaknya menyasar segmen pemilih perempuan karena pemilih perempuan tingkat partisipasi dalam pemilu tergolong tinggi. Persentasenya lebih dari 50 persen, di atas pemilih pria.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video