Puluhan Rumah Korban Tanah Gerak di Tulungagung Harus Direlokasi! | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Puluhan Rumah Korban Tanah Gerak di Tulungagung Harus Direlokasi!

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Feri Wahyudi
Minggu, 27 November 2022 17:52 WIB

Lokasi longsor di Tulungagung.

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Litbang Bappeda menerima hasil kajian identifikasi daerah longsor dari Tim Geologi UPN Veteran Yogyakarta. Alhasil, puluhan rumah warga di Desa Pakisrejo, Kecamatan Rejotangan; dan Desa/Kecamatan Tanggungunung harus direlokasi ke tempat yang lebih aman.

"Dari data survei tim ahli menyampaikan, permukiman sudah tidak aman lagi di dekat titik-titik pecah atau zona rekahan, karena ada tanda-tanda dan struktur geologi yang berkembang sudah sistematis, sehingga penduduk atau penghuninya perlu dipindahkan atau direlokasi di tempat yang aman," kata Plt Kepala Bappeda , Edwin Novianto, Minggu (27/11/2022).

Menurut hasil identifikasi daerah zona tanah longsor di , ada 9 lokasi yang berada di tiga kecamatan, yakni Tanggunggunung, Campurdarat dan Besuki. Edwin menjelaskan,  yang terjadi disebabkan pelapukan batuan kapur di lokasi tersebut, sehingga mengalami pergeseran dan menimbulkan perekahan pada tanah di bagian atasnya.

"Dari tiga kecamatan itu, penelitian berfokus pada 4 titik di Desa Pakisrejo, kemudian 1 titik di Desa/Kecamatan Tanggunggunung, lalu 1 lokasi di Desa/Kecamatan Campurdarat, 3 titik di Desa Sedayugunung, Kecamatan Besuki," paparnya.

Ia menyebut, ada 3 lokasi yang cukup mengkhawatirkan dan sudah tidak aman lagi untuk ditempati oleh penduduk, di antaranya adalah di Desa Pakisrejo dan Desa Tanggungunung yang harus direlokasi, sedangkan untuk 6 lokasi lainnya perlu dilakukan kajian teknis untuk perkuatan lokasi, sehingga potensi terjadinya imbas bisa diminimalkan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video