PMI Krisis Darah Golongan B, Fatayat NU Bangil Langsung Gencarkan Giat Donor | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

PMI Krisis Darah Golongan B, Fatayat NU Bangil Langsung Gencarkan Giat Donor Darah

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Ahmad Fuad
Sabtu, 22 Oktober 2022 14:04 WIB

Mimi Sudiono dan Ayu, saat melakukan donor usai melakukan peringatan Hari Santri Nasional.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Usai upacara memperingati Hari Santri Nasional, di Aula PCNU Bangil, Ds.Baujeng, Beji, Pasuruan, PC Fatayat NU menggelakan karena mendengar PMI kekurangan darah golongan B, Sabtu (22/10/2022).

Sebanyak 100 peserta langsung daftar untuk ikut . Sayangnya, 50 persen peserta yang boleh mendonorkan darahnya setelah dikalukan skrining. Umumnya terkendala faktor darah tinggi, capek, takut, kadar sel darah merah kurang dan tekanan darah rendah.

"Ada beberapa kendala yang tidak bisa ikut donor, semisal faktor takut, tidak memenuhi syarat karena tekanan darah rendah, kadar sel darah merah kurang dari 12,5 persen, maksimal 17 persen," jelas Sumarsoni petugas donor dari PMI Kabupaten Pasuruan.

Sumarsoni menjelaskan, di lapangan sempat kekurangan darah B. Hal itu karena permintaan meningkat sedangkan stok terbatas. Akhirnya PMI melakukan jemput bola, terjun lapangan mencari pendonor dan akhirnya untuk sekarang stok darah aman.

Ketua Panitia, Hj Hilmi Sudiono Fauzan, mengatakan manfaat donor tersebut sangat besar untuk kesehatan. Donor bosa menetralisir jantung, lemak kolesterol, dan mempercantik wajah .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video